Jumat 21 Jul 2023 13:27 WIB

Petualangan Sherina 2, Film Pertama Mira Lesmana Berlatar Kalimantan

Meski memiliki cukup banyak film, Miles Films baru punya 1 film berlatar Kalimantan.

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Qommarria Rostanti
Salah satu adegan di film Petualangan Sherina 2.
Foto: Miles Films
Salah satu adegan di film Petualangan Sherina 2.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Rumah produksi Miles Films telah menjalani kiprah industri perfilman sejak 2000. Namun, Kalimantan menjadi pulau yang belum pernah muncul dalam film-filmnya.

Film-film produksi Miles Films pernah syuting di Pulau Sumatra dengan Laskar Pelangi, lalu di Pulau Maluku dengan Cahaya dari Timur, di Nusa Tenggara Barat dengan Atambua 39° Celsius. Akhirnya, untuk pertama kali, Miles Films memproduksi film di Pulau Seribu Sungai itu lewat Petualangan Sherina 2.

Baca Juga

“Kami kan udah ke mana mana lah ya, kebanyakan NTT, dan berbagai pelosok daerah, tapi terus terang syuting di Kalimantan itu belum pernah,” ujar produser Mira Lesmana dalam peluncuran poster dan trailer Petualangan Sherina 2 di Jakarta, Kamis (20/7/2023).

Awalnya, Mira terpikir untuk membuat ulang film Petualangan Sherina, dan hal itu ia sampaikan pada Sherina Munaf yang menjadi peran utama sebagai Sherina saat itu. Namun Sherina justru menanyakan tentang sekuel yang membuat Mira cukup tercengang.

“Maksudnya Sher, sekarang? Di umur yang udah sekarang? Emang kamu mau? Lalu, dia bilang, ‘Mau Tante’. Top Gun aja udah berapa tahun kan, masa Petualangan Sherina nggak bisa. Jadi akhirnya ya udah,” ujar Mira.

Kemudian sebelum perbincangan itu, rupanya Mira, sutradara Riri Riza, dan Sherina, sempat pergi ke Kalimantan bersama-sama. Mereka mendapat pengalaman yang luar biasa saat berkunjung ke Kalimantan, bahkan pengalaman itu begitu melekat.

Akhirnya, karena film bertema petualangan tentu biasanya akan terpikir adalah suasana hutan atau mungkin laut. “Dan kami yang memang sudah punya rencana menyusun cerita bersama, Sherina juga jadi bagian dalam story-nya, jadi ini menjadi kesempatan yang akhirnya kami jadikan bagian cerita kita,” kata Mira.

Bulat sudah keputusan latar ceritanya, membuat mereka lebih sering terbang ke Kalimantan untuk mencari lokasi-lokasi yang cocok untuk Petualangan Sherina 2. Beberapa panorama keindahan hutan Kalimantan pun diperlihatkan dalam trailer Petualangan Sherina 2 yang telah dirilis per hari ini.

Karakter-karakter baru yang beberapa waktu lalu diperkenalkan melalui media sosial, dalam trailer pun turut ditampilkan sehingga penonton dapat lebih dekat lagi mengenal para karakter baru ini. Mereka adalah Ratih (Isyana Sarasvati), Aryo (Ardit Erwandha), Dedi (Randy Danistha), Syailendra (Chandra Satria), Pingkan (Kelly Tandiono), dan Sindai (Quinn Salman).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement