Sabtu 22 Jul 2023 14:32 WIB

Bangun Training Camp di IKN, Erick Thohir: Langkah Awal Menuju Level Dunia

Training camp akan menjadi tonggak sejarah bagi sepak bola Indonesia.

Red: Muhammad Hafil
Ketua PSSI Erick Thohir meninjau seleksi pemain Timnas U17 di Bali, Ahad (16/7/2023). Seleksi ini diselenggarakan selama dua hari dengan antusiasme yang besar dari 947 peserta yang berlangsung di Bali United Training Center.
Foto: Dok Republika
Ketua PSSI Erick Thohir meninjau seleksi pemain Timnas U17 di Bali, Ahad (16/7/2023). Seleksi ini diselenggarakan selama dua hari dengan antusiasme yang besar dari 947 peserta yang berlangsung di Bali United Training Center.

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Ketua Umum PSSI Erick Thohir mengatakan PSSI dan pemerintah bekerjasama akan membangun training camp atau training center bagi Tim Nasional (Timnas) Indonesia di Ibu Kota Nusantara (IKN) Nusantara yang berlokasi di Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur.

Erick Thohir menyampaikan dalam waktu dekat training camp akan segera dibangun, agenda pembangunan sendiri akan dimulai dengan melakukan peletakan batu pertama oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada bulan Agustus mendatang.

Baca Juga

“Karena presiden ingin ada peletakkan batu pertama di bulan Agustus,” ujar Erick Thohir dikutip dari akun instagram pribadinya @erickthohir, Sabtu (22/7/2023).

Erick yang juga Menteri BUMN itu mengatakan pembangunan training camp akan menjadi tonggak sejarah bagi sepak bola Indonesia dan langkah awal menciptakan timnas yang mampu bersaing di level dunia.

“Training camp untuk Timnas Indonesia di IKN akan menjadi sejarah untuk Indonesia. Ini menjadi langkah awal kita untuk menciptakan Tim Nasional yang bisa bersaing di level dunia,” ungkapnya.

“Bismillah kita wujudkan mimpi kita membawa #GarudaMendunia,” imbuhnya.

Lanjut Erick menuturkan PSSI dan pemerintahan Presiden Jokowi berkomitmen untuk memajukan sepak bola nasional dengan menyediakan fasilitas training camp berupa lahan seluas antara 35 hingga 50 hektare serta pembangunan infrastruktur dasar.

“Ini kan sejarah buat bangsa kita, di mana pertama kali Indonesia punya training center tim nasional sepak bola dan komitmen dari Pemerintah jelas waktu itu kita diberikan tanah dan infrastruktur dasar,” paparnya.

Lebih lanjut mantan Bos Inter Milan itu menjelaskan dukungan terhadap sepak bola tanah air juga datang dari federasi sepak bola internasional (FIFA) yang turut berkontribusi memberikan bantuan anggaran untuk proyek training camp.

Bantuan dari FIFA tersebut kata Erick akan digunakan untuk membangun dua lapangan yakni lapangan dengan rumput sintetis dan lapangan rumput asli.

“Lalu FIFA mendonasikan bagian dari FIFA forward kita pergunakan untuk bangun dua lapangan sintesis satu lagi yang natural,” ujarnya.

Dijelaskan Erick nantinya training camp selain dilengkapi dengan fasilitas latihan dan olahraga juga akan didirikan pusat kebugaran atau gym, tempat rehabilitasi bagi pemain yang mengalami cedera dan fasilitas kesehatan bagi para pemain.

“Di situ juga bisa tentu tempat istirahat pemain buat 150 orang di situ juga ada fasilitas gym untuk rehabilitasi dan medical,” tuturnya.

Sebagai informasi, Presiden Jokowi mengungkapkan guna mendukung persepakbolaan tanah air, akan membangun training center atau training camp di IKN sebanyak delapan lapangan sepak bola.

Presiden Jokowi menargetkan proses pembangunan lapangan bakal segera dikerjakan dan ditargetkan rampung dalam kurun kurang dari satu tahun.

"Lapangan sepak bolanya PSSI ini akan segera dikerjakan dan diharapkan selesai tidak lebih dari satu tahun," kata Presiden Jokowi.

Lanjut Presiden Jokowi mengatakan FIFA sebagai induk sepak bola dunia disebut akan terlibat dalam pembangunan lapangan di pusat latihan IKN. 

Presiden Jokowi menyebut, keterlibatan FIFA akan hadir dalam bentuk pembiayaan. 

"Ini akan dibiayai oleh FIFA, menunjukkan bahwa kepercayaan internasional, kepercayaan FIFA terhadap IKN ini ada," ujar Presiden Jokowi.

Adapun pusat latihan atau training center untuk persepakbolaan Indonesia rencananya akan dibangun di sub wilayah perencanaan (SWP) 1B IKN.

Klasemen Liga 1 Musim 2024
Pos Team Main Menang Seri Kalah Gol -/+ Poin
Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا لَا تَدْخُلُوْا بُيُوْتَ النَّبِيِّ اِلَّآ اَنْ يُّؤْذَنَ لَكُمْ اِلٰى طَعَامٍ غَيْرَ نٰظِرِيْنَ اِنٰىهُ وَلٰكِنْ اِذَا دُعِيْتُمْ فَادْخُلُوْا فَاِذَا طَعِمْتُمْ فَانْتَشِرُوْا وَلَا مُسْتَأْنِسِيْنَ لِحَدِيْثٍۗ اِنَّ ذٰلِكُمْ كَانَ يُؤْذِى النَّبِيَّ فَيَسْتَحْيٖ مِنْكُمْ ۖوَاللّٰهُ لَا يَسْتَحْيٖ مِنَ الْحَقِّۗ وَاِذَا سَاَلْتُمُوْهُنَّ مَتَاعًا فَاسْـَٔلُوْهُنَّ مِنْ وَّرَاۤءِ حِجَابٍۗ ذٰلِكُمْ اَطْهَرُ لِقُلُوْبِكُمْ وَقُلُوْبِهِنَّۗ وَمَا كَانَ لَكُمْ اَنْ تُؤْذُوْا رَسُوْلَ اللّٰهِ وَلَآ اَنْ تَنْكِحُوْٓا اَزْوَاجَهٗ مِنْۢ بَعْدِهٖٓ اَبَدًاۗ اِنَّ ذٰلِكُمْ كَانَ عِنْدَ اللّٰهِ عَظِيْمًا
Wahai orang-orang yang beriman! Janganlah kamu memasuki rumah-rumah Nabi kecuali jika kamu diizinkan untuk makan tanpa menunggu waktu masak (makanannya), tetapi jika kamu dipanggil maka masuklah dan apabila kamu selesai makan, keluarlah kamu tanpa memperpanjang percakapan. Sesungguhnya yang demikian itu adalah mengganggu Nabi sehingga dia (Nabi) malu kepadamu (untuk menyuruhmu keluar), dan Allah tidak malu (menerangkan) yang benar. Apabila kamu meminta sesuatu (keperluan) kepada mereka (istri-istri Nabi), maka mintalah dari belakang tabir. (Cara) yang demikian itu lebih suci bagi hatimu dan hati mereka. Dan tidak boleh kamu menyakiti (hati) Rasulullah dan tidak boleh (pula) menikahi istri-istrinya selama-lamanya setelah (Nabi wafat). Sungguh, yang demikian itu sangat besar (dosanya) di sisi Allah.

(QS. Al-Ahzab ayat 53)

Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement