Rabu 09 Aug 2023 04:23 WIB

Body Checking Miss Universe Indonesia, Venna Melinda dan Shahnaz Haque Buka Suara

Venna mengapresiasi keberanian para finalis untuk angkat bicara.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Natalia Endah Hapsari
Peserta kontes kecantikan Miss Universe Indonesia diduga diminta telanjang ketika body checking/ilustrasi.
Foto:

Selama mengikuti kegiatan Miss Universe 1994, Venna mengungkapkan bahwa tak ada sesi body checking yang diberlakukan untuk para kontestan. Bahkan untuk sesi pakaian renang, kontestan diperbolehkan untuk menggunakan pakaian renang one piece yang lebih tertutup.

"Tidak ada tuh body checking sama undress (melepas pakaian), itu nggak ada sama sekali," lanjut Venna.

Venna berharap, peristiwa yang dialami oleh sejumlah finalis MUID 2023 bisa menjadi pembelajaran bagi masyarakat luas. Venna juga berharap peristiwa serupa tak terjadi lagi di masa mendatang.

Keprihatinan serupa juga dirasakan oleh aktris Shahnaz Haque. Sebagai seorang perempuan, Shahnaz turut merasakan perasaan tidak nyaman yang dirasakan oleh perempuan-perempuan pada umumnya ketika mengetahui isu body checking sejumlah kontestan MUID 2023.

"Semua perempuan pasti tidak nyaman ketika melihat perempuan (lain) merasa tidak nyaman (akibat suatu perlakuan). Sebagai perempuan yang mendukung perempuan, energi itu menjalar," jelas Shahnaz. 

Miss Universe Indonesia merupakan kontes kecantikan tahunan yang diselenggarakan sejak 2023. Kontes kecantikan ini diselenggarakan oleh PT Capella Swastika Karya yang saat ini memegang lisensi resmi Miss Universe di Indonesia. Sebelumnya, lisensi tersebut dimiliki oleh YPI selaku penyelenggara kontes kecantikan Puteri Indonesia. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement