Jumat 11 Aug 2023 16:09 WIB

Survei UMM: Prabowo Unggul Atas Anies di Jatim

Popularitas Prabowo di Jatim juga mengungguli Ganjar dan Anies.

Red: Erik Purnama Putra
Tim Laboratorium Ilmu Politik UMM ketika merilis
Foto: Dok UMM
Tim Laboratorium Ilmu Politik UMM ketika merilis

REPUBLIKA.CO.ID, MALANG -- Calon presiden (capres) Partai Gerindra Prabowo Subianto unggul telak jika berhadapan dengan capres Koalisi Perubahan Anies Rasyid Baswedan. Keunggulan menteri pertahanan (menhan) tersebut di Provinsi Jawa Timur (Jatim) terekam jelas dari hasil survei Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) periode Juli 2023.

Survei diadakan menggunakan responden 800 orang dari 80 desa/kelurahan di 31 kota/kabupaten di Provinsi Jatim. Prabowo masih menjadi kandidat terkuat untuk dihadapi oleh Anies pada Pilpres 2024. Dalam hasil head to head dengan Anies, Prabowo meraih poin sebesar 66,63 persen. Sedangkan Anies hanya meraih dukungan sebesar 21,13 persen.

"Pak Prabowo dengan Anies, di sini Pak Prabowo masih jauh lebih unggul 66,6 persen dibanding 21,13 persen," kata Koordinator Tim Survei Laboratorium Ilmu Politik UMM Ruli Inayah Ramadhoan dalam Bincang Politik Nasional dan Rilis Hasil Survei Opini Publik di Jawa Timur, di UMM, Kota Malang, Kamis (10/8/2023)

Menurut Ruli, keunggulan Prabowo dibanding Anies juga terkait popularitas. Tingkat popularitas Prabowo mencapai angka 90,5 persen tertinggi pertama. Di posisi kedua, ada capres PDIP Ganjar Pranowo dengan 83,9 persen. Anies juga kalah eksis dibanding Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa yang berada di posisi ketiga dengan 79,6 persen.

Anies berada di posisi keempat dengan torehan poin 71,3 persen. Jumlah tersebut sangat jauh jika dibandingkan dengan Prabowo yang merupakan lawan politiknya di bursa capres 2024. "Dari beberapa nama yang disodorkan, ada Prabowo yang tertinggi kemudian Ganjar, Khofifah, dan Anies di posisi keempat," ucap Ruli.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

  • Sangat tertarik
  • Cukup tertarik
  • Kurang tertarik
  • Tidak tertarik
Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْٓا اِذَا تَدَايَنْتُمْ بِدَيْنٍ اِلٰٓى اَجَلٍ مُّسَمًّى فَاكْتُبُوْهُۗ وَلْيَكْتُبْ بَّيْنَكُمْ كَاتِبٌۢ بِالْعَدْلِۖ وَلَا يَأْبَ كَاتِبٌ اَنْ يَّكْتُبَ كَمَا عَلَّمَهُ اللّٰهُ فَلْيَكْتُبْۚ وَلْيُمْلِلِ الَّذِيْ عَلَيْهِ الْحَقُّ وَلْيَتَّقِ اللّٰهَ رَبَّهٗ وَلَا يَبْخَسْ مِنْهُ شَيْـًٔاۗ فَاِنْ كَانَ الَّذِيْ عَلَيْهِ الْحَقُّ سَفِيْهًا اَوْ ضَعِيْفًا اَوْ لَا يَسْتَطِيْعُ اَنْ يُّمِلَّ هُوَ فَلْيُمْلِلْ وَلِيُّهٗ بِالْعَدْلِۗ وَاسْتَشْهِدُوْا شَهِيْدَيْنِ مِنْ رِّجَالِكُمْۚ فَاِنْ لَّمْ يَكُوْنَا رَجُلَيْنِ فَرَجُلٌ وَّامْرَاَتٰنِ مِمَّنْ تَرْضَوْنَ مِنَ الشُّهَدَۤاءِ اَنْ تَضِلَّ اِحْدٰىهُمَا فَتُذَكِّرَ اِحْدٰىهُمَا الْاُخْرٰىۗ وَلَا يَأْبَ الشُّهَدَۤاءُ اِذَا مَا دُعُوْا ۗ وَلَا تَسْـَٔمُوْٓا اَنْ تَكْتُبُوْهُ صَغِيْرًا اَوْ كَبِيْرًا اِلٰٓى اَجَلِهٖۗ ذٰلِكُمْ اَقْسَطُ عِنْدَ اللّٰهِ وَاَقْوَمُ لِلشَّهَادَةِ وَاَدْنٰىٓ اَلَّا تَرْتَابُوْٓا اِلَّآ اَنْ تَكُوْنَ تِجَارَةً حَاضِرَةً تُدِيْرُوْنَهَا بَيْنَكُمْ فَلَيْسَ عَلَيْكُمْ جُنَاحٌ اَلَّا تَكْتُبُوْهَاۗ وَاَشْهِدُوْٓا اِذَا تَبَايَعْتُمْ ۖ وَلَا يُضَاۤرَّ كَاتِبٌ وَّلَا شَهِيْدٌ ەۗ وَاِنْ تَفْعَلُوْا فَاِنَّهٗ فُسُوْقٌۢ بِكُمْ ۗ وَاتَّقُوا اللّٰهَ ۗ وَيُعَلِّمُكُمُ اللّٰهُ ۗ وَاللّٰهُ بِكُلِّ شَيْءٍ عَلِيْمٌ
Wahai orang-orang yang beriman! Apabila kamu melakukan utang piutang untuk waktu yang ditentukan, hendaklah kamu menuliskannya. Dan hendaklah seorang penulis di antara kamu menuliskannya dengan benar. Janganlah penulis menolak untuk menuliskannya sebagaimana Allah telah mengajarkan kepadanya, maka hendaklah dia menuliskan. Dan hendaklah orang yang berutang itu mendiktekan, dan hendaklah dia bertakwa kepada Allah, Tuhannya, dan janganlah dia mengurangi sedikit pun daripadanya. Jika yang berutang itu orang yang kurang akalnya atau lemah (keadaannya), atau tidak mampu mendiktekan sendiri, maka hendaklah walinya mendiktekannya dengan benar. Dan persaksikanlah dengan dua orang saksi laki-laki di antara kamu. Jika tidak ada (saksi) dua orang laki-laki, maka (boleh) seorang laki-laki dan dua orang perempuan di antara orang-orang yang kamu sukai dari para saksi (yang ada), agar jika yang seorang lupa, maka yang seorang lagi mengingatkannya. Dan janganlah saksi-saksi itu menolak apabila dipanggil. Dan janganlah kamu bosan menuliskannya, untuk batas waktunya baik (utang itu) kecil maupun besar. Yang demikian itu, lebih adil di sisi Allah, lebih dapat menguatkan kesaksian, dan lebih mendekatkan kamu kepada ketidakraguan, kecuali jika hal itu merupakan perdagangan tunai yang kamu jalankan di antara kamu, maka tidak ada dosa bagi kamu jika kamu tidak menuliskannya. Dan ambillah saksi apabila kamu berjual beli, dan janganlah penulis dipersulit dan begitu juga saksi. Jika kamu lakukan (yang demikian), maka sungguh, hal itu suatu kefasikan pada kamu. Dan bertakwalah kepada Allah, Allah memberikan pengajaran kepadamu, dan Allah Maha Mengetahui segala sesuatu.

(QS. Al-Baqarah ayat 282)

Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement