Rabu 16 Aug 2023 13:05 WIB

Kebakaran Pabrik Kayu di Ciamis, Pemadaman Api Tuntas Setelah Belasan Jam

Sepuluh unit kendaraan damkar dikerahkan untuk melakukan pemadaman.

Rep: Bayu Adji P/ Red: Irfan Fitrat
Petugas berupaya memadamkan kebakaran di area pabrik kayu di Desa Bojongmengger, Kecamatan Cijeungjing, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, Selasa (15/8/2023).
Foto: Dok. Damkar Kabupaten Ciamis.
Petugas berupaya memadamkan kebakaran di area pabrik kayu di Desa Bojongmengger, Kecamatan Cijeungjing, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, Selasa (15/8/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, CIAMIS -- Kebakaran terjadi di area pabrik kayu wilayah Desa Bojongmengger, Kecamatan Cijeungjing, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat. Membutuhkan waktu belasan jam untuk memadamkan kobaran api di pabrik kayu itu.

Peristiwa kebakaran di pabrik kayu tersebut dilaporkan terjadi pada Selasa (15/8/2023), sekitar pukul 09.00 WIB. Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Ciamis Uga Yugaswara mengatakan, api yang membakar pabrik kayu itu baru benar-benar bisa dipadamkan pada Rabu (16/8/2023), sekitar pukul 04.00 WIB.

Baca Juga

“Pemadaman lama karena yang terbakar itu bahan kayu albasia. Lalu lokasinya di pengeringan atau oven,” kata Uga, saat dihubungi Republika.co.id, Rabu.

Sebelumnya, dikabarkan seorang pekerja di pabrik kayu melihat api dari cerobong pembuangan serbuk kayu. Pekerja itu kemudian berupaya memadamkannya dengan menggunakan alat pemadam api ringan (APAR). Namun, api membesar. Kejadian itu dilaporkan kepada atasannya, yang kemudian diteruskan ke petugas pemadam kebakaran (damkar).