Jumat 18 Aug 2023 08:49 WIB

Putin-Raisi Bahas Kemungkinan Iran Gabung BRICS

Status hubungan Rusia dan Iran terus meningkat.

Rep: Rizky Jaramaya/ Red: Nidia Zuraya
Presiden Rusia Vladimir Putin bertemu dengan Presiden Iran Ebrahim Raisi di sela-sela KTT Organisasi Kerjasama Shanghai (SCO) di Samarkand, Uzbekistan, Kamis, 15 September 2022.
Foto: AP/Alexandr Demyanchuk/Pool Sputnik Kremlin
Presiden Rusia Vladimir Putin bertemu dengan Presiden Iran Ebrahim Raisi di sela-sela KTT Organisasi Kerjasama Shanghai (SCO) di Samarkand, Uzbekistan, Kamis, 15 September 2022.

REPUBLIKA.CO.ID, MOSKOW -- Presiden Rusia Vladimir Putin dan Presiden Iran, Ebrahim Raisi, membahas kemungkinan keanggotaan Iran di kelompok BRICS. Kantor berita Rusia, TASS melaporkan, kedua pemimpin negara itu membahasnya melalui panggilan telepon pada Kamis (17/8/2023).

BRICS adalah kelompok negara-negara berkembang yang terdiri dari Brasil, Rusia, India, Cina dan Afrika Selatan. Mereka akan membahas kemungkinan perluasan anggota pada pertemuan puncak di Afrika Selatan. 

Baca Juga

Kremlin mengatakan, Putin dan Raisi juga membahas perluasan kerja sama dalam masalah global dan lokal. Putin dan Raisi menegaskan kembali dukungan mereka untuk mengembangkan lebih lanjut hubungan bilateral di bidang perdagangan, transportasi dan logistik, serta energi.

"Niat untuk lebih mengembangkan hubungan bilateral di bidang perdagangan, energi, transportasi dan logistik dan lingkungan telah dikonfirmasi,” kata pernyataan Kremlin, dilaporkan Anadolu Agency.

Putin dan Raisi menyampaikan kepuasan dengan status hubungan Rusia-Iran yang meningkat. Putin memberikan simpati kepada Raisi setelah insiden teror pada 13 Agustus di masjid Shiraz. 

 

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
وَاِلٰى مَدْيَنَ اَخَاهُمْ شُعَيْبًاۗ قَالَ يٰقَوْمِ اعْبُدُوا اللّٰهَ مَا لَكُمْ مِّنْ اِلٰهٍ غَيْرُهٗۗ قَدْ جَاۤءَتْكُمْ بَيِّنَةٌ مِّنْ رَّبِّكُمْ فَاَوْفُوا الْكَيْلَ وَالْمِيْزَانَ وَلَا تَبْخَسُوا النَّاسَ اَشْيَاۤءَهُمْ وَلَا تُفْسِدُوْا فِى الْاَرْضِ بَعْدَ اِصْلَاحِهَاۗ ذٰلِكُمْ خَيْرٌ لَّكُمْ اِنْ كُنْتُمْ مُّؤْمِنِيْنَۚ
Dan kepada penduduk Madyan, Kami (utus) Syuaib, saudara mereka sendiri. Dia berkata, “Wahai kaumku! Sembahlah Allah. Tidak ada tuhan (sembahan) bagimu selain Dia. Sesungguhnya telah datang kepadamu bukti yang nyata dari Tuhanmu. Sempurnakanlah takaran dan timbangan, dan jangan kamu merugikan orang sedikit pun. Janganlah kamu berbuat kerusakan di bumi setelah (diciptakan) dengan baik. Itulah yang lebih baik bagimu jika kamu orang beriman.”

(QS. Al-A'raf ayat 85)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement