Ahad 27 Aug 2023 16:21 WIB

Tragis Pesawat Osprey V-22 AS Jatuh Saat Latihan Militer Gabungan di Australia

Latihan militer ini melibatkan Australia, AS, Timor Leste, Indonesia, dan Filipina.

Red: Ferry kisihandi
 Pesawat Osprey milik AS.
Foto:

‘’Namun, saat ini kami belum bisa memberikan keterangan apapun,’’ kata seorang pejabta Dephan AS dalam pernyataan melalui surat elektronik. Terkait Pesawat Osprey yang mengalami kecelakaan, Aljzirah menyebut tingkat keamanannya memang dipertanyakan. 

Ini disebabkan oleh serangkaian kecelakaan fatal saat pesawat ini digunakan. Pada Juni tahun lalu, semua tentara yang ada di Osprey tewas saat pesawat ini jatuh di padang pasir Kalifornia, dekat perbatasan Arizona. 

Pada Maret tahun yang sama, empat personel militer AS juga harus kehilangan nyawa ketika jatuh di sebuah kota kecil Norwegian, Arctic Circle saat mengikuti latihan militer NATO. Pada 2017, tiga orang tewas ketika mengalami kecelakaan di pantai utara Australia. 

AS dan Australia sekutu dekat di Pasifik yang terus meningkatkan kerja sama militer dalam beberapa tahun ini.  Mereka mencoba mengadang pengaruh Cina di kawasan. Bulan lalu, empat tentara Australia kehilangan nyawa saat latihan gabungan berskala besar. Helikopter mereka ketika itu jatuh ke laut yang berada di lepas pantai Queensland.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement