Rabu 06 Sep 2023 05:35 WIB

Mengenal Rustem Umerov, Muslim yang Jadi Menhan Ukraina

Umerov jadi salah satu orang yang memiliki kontak langsung dengan Erdogan

Rep: Amri Amrullah/ Red: Esthi Maharani
residen Volodymyr Zelenskyy pun telah menunjuk seorang politisi muslim sebagai Menteri Pertahanan baru yakni Rustem Umerov.
Foto: AP
residen Volodymyr Zelenskyy pun telah menunjuk seorang politisi muslim sebagai Menteri Pertahanan baru yakni Rustem Umerov.

REPUBLIKA.CO.ID, KIEV -- Menteri Pertahanan Ukraina Oleksii Reznikov resmi mengajukan surat pengunduran diri pada Senin (4/9/2023). Presiden Volodymyr Zelenskyy pun telah menunjuk seorang politisi muslim sebagai penggantinya yakni Rustem Umerov.

Umerov (41 tahun) dikenal sebagai seorang anggota parlemen Tatar Krimea. Ia merupakan seorang politisi dari partai oposisi Holos dan telah menjabat sebagai kepala Dana Kekayaan Negara Ukraina sejak September 2022. Dia mengundurkan diri dari posisi tersebut pada hari Senin, menurut Verkhovna Rada, parlemen Ukraina.

Baca Juga

Sebagai seorang ekonom, ia pernah bekerja di sektor telekomunikasi dan investasi, terlibat dalam advokasi hak asasi manusia. Umerov juga telah mendirikan berbagai lembaga bantuan dana untuk mendukung hak-hak Tatar Krimea.

Analis Volodymyr Fesenko dari Penta Center yang berbasis di Kiev mengatakan bahwa mitra-mitra Barat menghargai Umerov atas perannya sebagai kepala Dana Kekayaan Negara. Ia adalah salah satu dari sedikit politisi di Ukraina yang memiliki kontak langsung dengan Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan.