Selasa 05 Sep 2023 14:40 WIB

Tangan Setan Menyerobot Makanan yang tak Disebut Nama Allah

Setiap aktivitas haruslah disertai dengan menyebut nama Allah.

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Muhammad Hafil
Tangan Setan Menyerobot Makanan yang tak Disebut Nama Allah. Foto:    Bismillah (Ilustrasi)
Foto: Dok Republika
Tangan Setan Menyerobot Makanan yang tak Disebut Nama Allah. Foto: Bismillah (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Setiap aktivitas haruslah disertai dengan menyebut nama Allah, agar mendapat keberkahan dariNya. Termasuk saat menyantap makanan yang disuguhkan di depan mata. Menyantap hidangan tersebut harus didahului dengan menyebut nama Allah, sebagaimana yang diajarkan Nabi Muhammad SAW.

Ada cerita ketika Nabi Muhammad SAW dan para sahabat berkumpul dalam jamuan makan. Cerita ini ada dalam hadits yang diriwayatkan dari Hudzaifah bin Al Yaman RA, dalam Shahih Muslim.

Baca Juga

ุนู† ุญุฐูŠูุฉ ุจู† ุงู„ูŠู…ุงู† ุฑุถูŠ ุงู„ู„ู‡ ุนู†ู‡ู…ุง ู‚ุงู„: ูƒูู†ู‘ูŽุง ุฅูุฐูŽุง ุญูŽุถูŽุฑู†ูŽุง ู…ูŽุนูŽ ุฑุณููˆู„ู ุงู„ู„ู‡ -ุตู„ู‘ูŽู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู‘ูŽู…- ุทูŽุนูŽุงู…ู‹ุงุŒ ู„ูŽู… ู†ูŽุถูŽุน ุฃูŽูŠุฏููŠู†ูŽุง ุญูŽุชู‘ูŽู‰ ูŠูŽุจุฏูŽุฃ ุฑุณูˆู„ ุงู„ู„ู‡ -ุตู„ู‘ูŽู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู‘ูŽู…- ููŽูŠูŽุถูŽุน ูŠูŽุฏูŽู‡ูุŒ ูˆูŽุฅูู†ู‘ูŽุง ุญูŽุถูŽุฑู†ูŽุง ู…ูŽุนูŽู‡ ู…ูŽุฑู‘ูŽุฉู‹ ุทูŽุนูŽุงู…ู‹ุงุŒ ููŽุฌูŽุงุกูŽุช ุฌูŽุงุฑููŠูŽุฉูŒ ูƒูŽุฃูŽู†ู‘ูŽู‡ุง ุชูุฏููŽุนูุŒ ููŽุฐูŽู‡ูŽุจูŽุช ู„ูุชูŽุถูŽุนูŽ ูŠูŽุฏูŽู‡ูŽุง ูููŠ ุงู„ุทูŽู‘ุนูŽุงู…ุŒ ููŽุฃูŽุฎูŽุฐูŽ ุฑุณููˆู„ ุงู„ู„ู‡ -ุตู„ู‘ูŽู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู‘ูŽู…- ุจููŠูŽุฏูู‡ูŽุงุŒ ุซูู…ูŽู‘ ุฌุงุก ุฃุนุฑุงุจูŠ ูƒุฃูŽู†ู‘ูŽู…ูŽุง ูŽูŠูุฏู’ููŽุนุŒ ููŽุฃูŽุฎูŽุฐูŽ ุจููŠูŽุฏูู‡ูุŒ ูู‚ุงู„ ุฑุณูˆู„ ุงู„ู„ู‡ -ุตู„ู‘ูŽู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู‘ูŽู…-: «ุฅูู†ู‘ูŽ ุงู„ุดู‘ูŽูŠุทูŽุงู†ูŽ ูŠูŽุณุชูŽุญูู„ู‘ู ุงู„ุทู‘ูŽุนูŽุงู…ูŽ ุฃูŽู† ู„ุงูŽ ูŠูุฐู’ูƒูŽุฑูŽ ุงุณู…ู ุงู„ู„ู‡ -ุชูŽุนูŽุงู„ูŽู‰- ุนูŽู„ูŽูŠู‡ุŒ ูˆูŽุฅูู†ู‘ูŽู‡ู ุฌูŽุงุกูŽ ุจูู‡ูŽุฐูู‡ู ุงู„ุฌู‘ูŽุงุฑููŠูŽุฉุ› ู„ููŠูŽุณุชูŽุญูู„ู‘ูŽ ุจูู‡ูŽุงุŒ ููŽุฃูŽุฎูŽุฐุชู ุจููŠูŽุฏูู‡ูŽุงุ› ููŽุฌูŽุงุกูŽ ุจูู‡ูŽุฐูŽุง ุงู„ุฃูŽุนุฑูŽุงุจููŠุ› ู„ููŠูŽุณู’ุชูŽุญูู„ู‘ูŽ ุจูู‡ูุŒ ููŽุฃูŽุฎูŽุฐุชู ุจููŠูŽุฏูู‡ูุŒ ูˆุงู„ู‘ูŽุฐููŠ ู†ูŽูุณููŠ ุจููŠูŽุฏูู‡ูุŒ ุฅูู†ู‘ูŽ ูŠูŽุฏูŽู‡ู ูููŠ ูŠูŽุฏููŠ ู…ูŽุนูŽ ูŠูŽุฏูŠู‡ูู…ูŽุง»ุŒ ุซูู…ู‘ูŽ ุฐูŽูƒูŽุฑ ุงุณู…ูŽ ุงู„ู„ู‡ -ุชุนูŽุงู„ู‰- ูˆูŽุฃูŽูƒูŽู„ูŽ.

Hudzaifah mengatakan, jika menghadiri jamuan makan bersama Rasulullah SAW, para sahabat tidak meletakkan tangan mereka sampai beliau SAW memulai meletakkan tangannya. Suatu ketika, di sebuah jamuan makan, datanglah seorang budak perempuan secara tiba-tiba dan ingin meletakkan tangannya pada makanan. Lalu Rasulullah SAW meraih (mencegah) tangan budak perempuan itu.

Setelah itu, seorang badui datang dan ingin meletakkan tangannya di atas makanan. Kemudian Rasulullah SAW meraih (mencegah) tangan badui tersebut.

Lalu Nabi SAW bersabda, "Sungguh setan akan mendapatkan makanan yang tidak disebut nama Allah. Setan datang bersama anak perempuan ini untuk mendapatkan makanan, lalu aku meraih tangannya. Ia (setan) juga datang bersama orang badui ini untuk mendapatkan makanan lalu aku meraih tangannya.

Demi Dzat Yang jiwaku berada ditanganNya, Sesungguhnya tangan setan itu berada di tanganku sebagaimana ia (tangan setan) ada di dalam tangan keduanya (orang badui dan budak perempuan itu)." (HR Muslim)

Hadits tersebut mengisahkan para sahabat yang hadir pada jamuan makan bersama Nabi SAW. Di jamuan makan itu, para sahabat tidak mengulurkan tangan untuk mengambil makanan yang terhidang, hingga Nabi SAW melakukannya terlebih dulu. Ini adalah bentuk sikap hormat para sahabat kepada Nabi Muhammad SAW.

Suatu kali, pada jamuan makan yang dihadiri Rasulullah SAW dan para sahabat, dan makanan telah terhidang di hadapan mereka, datang seorang budak perempuan, yang merujuk pada seorang gadis kecil. Gadis kecil ini berusaha menyerobot untuk mendapatkan makanan, tanpa menyebut nama Allah. Dalam kondisi demikian, Nabi SAW memegang atau menahan tangan gadis kecil tersebut.

Setelah itu datang pula seorang badui, yang juga berusaha menyerobot makanan yang telah tersaji. Lalu Nabi SAW memegang tangan orang badui tersebut. Beliau SAW menjelaskan, orang badui dan gadis kecil itu dibawa oleh setan.

Maksud 'dibawa oleh setan' bukan bersifat denotatif, melainkan setan menggoda orang badui dan gadis kecil itu untuk menyerobot dan mengambil makanan. Tentu dua orang ini mungkin dimaafkan karena ketidaktahuan mereka sebagai orang badui dan anak kecil.

Namun, hadits tersebut memberitahukan, bahwa jika seorang Muslim menyantap makanan tanpa menyebut nama Allah, maka setan akan mendapat bagian dari makanan yang disantap itu. Dari hadits ini juga diketahui, Nabi Muhammad SAW bersumpah bahwa tangan setan itu ada di tangan beliau SAW.

Sumber:

https://hadeethenc.com/ar/browse/hadith/3507

 

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
ร™โ€šร™ยร™โ€žร™โ€™ ร˜ยณร™ยร™ล ร™โ€™ร˜ยฑร™ยร™ห†ร™โ€™ร˜ยง ร™ยร™ยร™โ€ฐ ร˜ยงร™โ€žร™โ€™ร˜ยงร™ลฝร˜ยฑร™โ€™ร˜ยถร™ย ร™ยร™ลฝร˜ยงร™โ€ ร™โ€™ร˜ยธร™ยร˜ยฑร™ยร™ห†ร™โ€™ร˜ยง ร™ฦ’ร™ลฝร™ล ร™โ€™ร™ยร™ลฝ ร˜ยจร™ลฝร˜ยฏร™ลฝร˜ยงร™ลฝ ร˜ยงร™โ€žร™โ€™ร˜ยฎร™ลฝร™โ€žร™โ€™ร™โ€šร™ลฝ ร˜ยซร™ยร™โ€ฆร™โ€˜ร™ลฝ ร˜ยงร™โ€žร™โ€žร™โ€˜ร™ยฐร™โ€กร™ย ร™ล ร™ยร™โ€ ร™โ€™ร˜ยดร™ยร˜ยฆร™ย ร˜ยงร™โ€žร™โ€ ร™โ€˜ร™ลฝร˜ยดร™โ€™ร˜ยงร™ลฝร˜ยฉร™ลฝ ร˜ยงร™โ€žร™โ€™ร˜ยงร™ยฐร˜ยฎร™ยร˜ยฑร™ลฝร˜ยฉร™ลฝ ร›โ€”ร˜ยงร™ยร™โ€ ร™โ€˜ร™ลฝ ร˜ยงร™โ€žร™โ€žร™โ€˜ร™ยฐร™โ€กร™ลฝ ร˜ยนร™ลฝร™โ€žร™ยฐร™โ€ฐ ร™ฦ’ร™ยร™โ€žร™โ€˜ร™ย ร˜ยดร™ลฝร™ล ร™โ€™ร˜ยกร™ย ร™โ€šร™ลฝร˜ยฏร™ยร™ล ร™โ€™ร˜ยฑร™ล’ ร›ลก
Katakanlah, รขโ‚ฌล“Berjalanlah di bumi, maka perhatikanlah bagaimana (Allah) memulai penciptaan (makhluk), kemudian Allah menjadikan kejadian yang akhir. Sungguh, Allah Mahakuasa atas segala sesuatu.

(QS. Al-'Ankabut ayat 20)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement