Jumat 15 Sep 2023 00:30 WIB

Sembarangan Pakai Charger USB-C Bisa Merusak iPhone 15 

Menggunakan pengisi daya yang tidak memenuhi standar dapat membahayakan iPhone.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani / Red: Friska Yolandha
A USB-C cable is pictured in San Jose, Calif. Tuesday, March 10, 2015. Apple is ditching its in-house iPhone charging plug and falling in line with the rest of the tech industry by adopting USB-C, a more widely used connection standard.
Foto: AP Photo/Jeff Chiu
A USB-C cable is pictured in San Jose, Calif. Tuesday, March 10, 2015. Apple is ditching its in-house iPhone charging plug and falling in line with the rest of the tech industry by adopting USB-C, a more widely used connection standard.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Apple akan merilis  iPhone 15 secara global pada 22 September 2023. Untuk pertama kalinya, iPhone dilengkapi port USB-C.

Hal tersebut menandai pergeseran dari konektor Lightning Apple. Ini adalah pertama kalinya pengisi daya iPhone baru diluncurkan dalam lebih dari satu dekade. 

Baca Juga

Beberapa kabel dan plugin USB-C mungkin memiliki perlindungan yang lebih sedikit untuk ponsel Anda dibandingkan kabel Lightning resmi Apple, jadi Anda harus berhati-hati terhadap plugin umum dan konektor murah. Apple menyarankan pemilik iPhone menggunakan charger Apple atau merek lain yang memenuhi peraturan keselamatan tertentu. 

Dilansir Business Insider, Kamis (14/9/2023), pemilik toko perbaikan perangkat seluler IPad Rehab, Jessa Jones mengatakan kepada The New York Times, menggunakan pengisi daya yang tidak memenuhi standar dapat membahayakan iPhone. 

Brian X. Chen dari NYT menjelaskan pengisi daya berkualitas tinggi pada dasarnya adalah perangkat elektronik dengan papan sirkuit kecil di dalamnya. Pada kabel Lightning resmi Apple, terdapat dua chip.

“Satu chip membuktikan bahwa kabel tersebut dibuat oleh Apple, sementara chip lainnya berfungsi sebagai sekring yang mengisolasi kerusakan pada pengisi daya. Jika terjadi fluktuasi daya, misalnya, hanya pengisi daya yang akan rusak dan bukan ponsel itu sendiri, kata Ms. Jones,” ujar Chen. 

Pengisi daya tiruan mungkin lebih murah tetapi Anda mungkin harus membayar harganya untuk perbaikan di masa mendatang. Jika Anda membeli pengisi daya yang bukan merek Apple, sebaiknya lihat deskripsi dan ulasan produknya. Anda juga dapat menggunakan alat seperti Fakespot saat berbelanja di Amazon untuk memastikan Anda mendapatkan produk yang berkualitas. 

Idealnya, pengisi daya Anda harus MFi. Program MFi Apple— atau Made for iPhone— dimaksudkan untuk membantu melindungi pengguna, baik mereka memilih untuk membeli pengisi daya Apple atau tidak, menurut Tom’s Guide. Pengisi daya ponsel MFi harus melewati peraturan keselamatan untuk memastikan bahwa pengguna tidak menghadapi risiko saat mengisi daya perangkat mereka. Merek seperti Amazon Basics dan Otterbox, misalnya, menjual pengisi daya MFi. 

Pengisi daya Apple dan MFi dapat melindungi iPhone Anda dari stopkontak bertegangan tinggi. Namun, Anda harus berhati-hati saat mencolokkan iPhone Anda ke stopkontak kamar hotel, stopkontak kursi pesawat, konsol mobil, dan stopkontak umum lainnya. 

Jika Anda menyambungkan pengisi daya berkualitas rendah ke stopkontak bertegangan tinggi, ponsel Anda dapat tersengat listrik, kata Jones kepada Times. Mengetahui di mana Anda mencolokkan iPhone Anda dapat mencegah perjalanan darurat ke toko Apple. 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement