Jumat 15 Sep 2023 18:32 WIB

Suster Irene di The Nun II Apakah Berkaitan dengan The Conjuring?

The Nun II menambahkan hubungan penting ke film-film The Conjuring.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Qommarria Rostanti
Suster Irene (kiri) di salah satu adegan film The Nun II. Muncul pertanyaan terkait ada atau tidaknya karakter Suster Iren di film The Conjuring.
Foto: dok. Warner Bros
Suster Irene (kiri) di salah satu adegan film The Nun II. Muncul pertanyaan terkait ada atau tidaknya karakter Suster Iren di film The Conjuring.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Film The Nun II tidak hanya menjadi tontonan yang menakutkan. Sinema ini juga menghadirkan detail baru pada pengetahuan Conjuring yang kemungkinan besar akan bergema di seluruh waralaba yang sudah berjalan lama.

Masuk ke film Nun 2018, hubungan utama antara spin-off itu dan film utama Conjuring adalah Valak (Bonnie Aarons). Setelah disebutkan di film Conjuring pertama, Valak kemudian menjadi pencuri adegan utama di The Conjuring 2, memicu begitu banyak minat sehingga James Wan dan rekannya memilih untuk memberikan The Nun film solo. 

Baca Juga

Film tersebut mengungkapkan salah satu tempat yang dihantui setan sebelumnya, kengerian di biara Saint Cartha dan juga memperkenalkan hubungan antara Maurice (Jonas Bloquet) dan keluarga Warren (Vera Farmiga dan Patrick Wilson). Maurice berhasil menyelamatkan Suster Irene di akhir film, namun dalam prosesnya, Valak malah menjadikan Maurice sebagai wadahnya. 

Seperti yang ditunjukkan dalam The Conjuring tahun 2013, di beberapa titik, Ed dan Lorraine Warren melakukan pengusiran setan. Pengusiran setan itu menandai pertemuan pertama Lorraine dengan Valak karena orang yang mereka coba selamatkan adalah Maurice.

Membangun hubungan itu adalah masalah yang cukup besar bagi waralaba tersebut. Sekarang, The Nun II menambahkan hubungan penting lainnya dari seri Nun ke film-film utama Conjuring. The Nun II menyiratkan bahwa Suster Irene (Taissa Farmiga) dan Lorraine Warren (Vera Farmiga) memiliki hubungan kekerabatan.

Vera Farmiga dalam The Conjuring

Nun II memberi penekanan besar pada mata Saint Lucy. Setelah mendapat sejumlah penglihatan dari santo pelindung orang buta, Suster Irene mengetahui bahwa mata Saint Lucy memiliki kekuatan khusus.

Mereka telah dipindahkan sebelum kematiannya dan sekarang disembunyikan di sekolah asrama. Itu sebabnya Valak ada di sana. Jika biarawati iblis berhasil mendapatkan matanya, maka ia akan menjadi sangat kuat.

Selain visi tersebut, Irene juga memiliki visi masa kecilnya. Pada akhirnya, Irene mengetahui bahwa dia dan ibunya adalah keturunan Saint Lucy dan itulah mengapa mereka memiliki kemampuan untuk melihat apa yang orang lain tidak bisa lihat.

Kunci lain untuk menyulap karakter dengan kekuatan tersebut yaitu Lorraine Warren. Benar saja, salah satu penglihatan Suster Irene mencakup gambar Lorraine.

Apakah itu berarti Lorraine juga merupakan keturunan Saint Lucy dan berkerabat dengan Suster Irene? Sutradara Michael Chaves tidak mau mengonfirmasi hubungan tersebut.

“Saya hanya mengatakan itu tergantung interpretasi saat Anda menonton filmnya dan Anda mulai menyatukannya," ujarnya seperti dilansir Collider, Rabu (13/9/2023).

Tapi menurut Akela, itu ide yang sangat menarik. Lucu karena ada hal-hal di dalamnya yang menurutnya sangat eksplisit dalam film yang dipotong.  

"Kebanyakan orang belum memahaminya, tetapi ada beberapa hal yang sangat eksplisit yang berpotensi mengungkapkan hal itu jika Anda melihat filmnya dengan cermat. Saya pikir mungkin kadang-kadang semuanya berjalan terlalu cepat, atau Anda tidak menangkap detail-detail kecilnya,” jelasnya.

 

 

 

Mengingat fakta bahwa Taissa dan Vera Farmiga adalah saudara perempuan di kehidupan nyata, ada spekulasi bahwa karakter-karakter tersebut dapat berhubungan sejak Taissa Farmiga pertama kali berperan sebagai Sister Irene. Meskipun Chaves tidak mengonfirmasi hubungan mereka dan film tersebut tidak merinci secara spesifik bagaimana mereka terkait, ada hubungan yang jelas di sana yang membuka pintu bagi beberapa kemungkinan kreatif yang sangat menarik untuk franchise ini di masa depan. Tidak hanya menjadikan waktu antara The Nun II dan film Conjuring pertama menjadi periode yang lebih kaya untuk dijelajahi, tetapi juga dapat menambah lapisan baru yang menarik bagi Lorraine saat karakter tersebut melanjutkan perjalanannya di film Conjuring keempat, The Conjuring: Last Ritus.

 

 

 

Desy Susilawati 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement