Selasa 26 Dec 2023 00:22 WIB

Film Aquaman 2, Ulasan Negatif, dan Perjuangan Berat yang tak Diketahui Penonton

Sejauh ini, pencapaian film Aquaman 2 dinilai kurang memuaskan.

Red: Qommarria Rostanti
Foto adegan film Aquaman and the Lost Kingdom. Ada banyak jejak kerumitan di balik proses pembuatan film Aquaman 2.
Foto: Dok Warner Bros Pictures
Foto adegan film Aquaman and the Lost Kingdom. Ada banyak jejak kerumitan di balik proses pembuatan film Aquaman 2.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Film sekuel Aquaman yaitu Aquaman and the Lost Kingdom atau Aquaman 2 di bawah bendera Warner Bros Pictures resmi tayang secara global sejak 20 Desember ini. Sejauh ini, pencapaian film Aquaman 2 dinilai kurang memuaskan. Namun tahukah kamu, ada banyak jejak kerumitan di balik proses pembuatannya.

Berikut ini penjelasannya:

Baca Juga

1. Octobot

Film yang disutradarai oleh sutradara James Wan ini sedikitnya membutuhkan sebanyak 12 anggota kru selama empat bulan untuk membuat tiga unit Octobot sungguhan. Setiap Octobot terdiri atas 45 bagian cetakan dengan bingkai logam pada bagian dalam.

Satu unit Octobot memiliki bagian dalam logam utuh, sedangkan Octobot kedua untuk adegan air didesain dengan bagian dalam yang disesuaikan bagi pemeran pengganti. Sementara unit Octobot ketiga hanya memiliki bagian luar yang ditata untuk pengambilan gambar dari belakang.

Unit Octobot tersebut digerakkan berdasarkan gerakan enam sumbu rotasi yang memungkinkan gerakan sepanjang sumbu depan dan belakang, lateral, dan vertikal, serta tiga sumbu rotasi.

2. Kekurangan lilin

Film yang menampilkan karakter utama Jason Momoa (Aquaman) dan Yahya Abdul-Mateen II (Black Manta) tersebut juga sempat kekurangan lilin yang digunakan untuk membuat replika es selama pembuatan film. Sehingga pada satu titik, tim spesialis efek harus “menggerebek” sebuah toko lokal besar di Swedia dan membeli ratusan lilin putih.

3. Ledakan es

Tim spesialisasi efek juga menciptakan empat ledakan besar untuk film tersebut. Ada satu ledakan celah es di Antartika yang difilmkan hanya dalam satu kali pengambilan gambar.

Baca juga: Aktor Hebat yang Belum Pernah Dapat Penghargaan Aktor Terbaik Oscar, Padahal Layak Mendapatkannya

4. Kostum

Pada film ini, desainer kostum Richard Sale juga memperbarui kostum Aquaman ikonik milik Arthur Curry dari film sebelumnya. Sesuai dengan desain asli, Sale bekerja dengan tim untuk menggabungkan bahan yang lebih ringan dan membuat panel yang bertujuan untuk membuat kostum tersebut lebih mudah dipakai oleh Jason Momoa selama adegan aksi dan pertarungan.

Selain itu ada terlalu banyak sisik yang harus dihitung pada setelan emas dan hijau milik Aquaman sehingga butuh sebanyak tiga orang selama tiga bulan untuk membuat dan menempatkan setiap sisik satu per satu pada kostum. Sosok Ratu Atlantis istri Aquaman yaitu Mera (diperankan oleh Amber Heard) dan ibunda Aquaman yakni Atlanna (diperankan oleh Nicole Kidman) juga telah dilengkapi dengan kostum megah untuk adegan Dewan Atlantis.

Korset Atlanna menampilkan lebih dari 1.100 sisik warna-warni yang semuanya dibuat dengan tangan oleh tim penata busana. Didesain berdasarkan model aslinya, cangkang pada gaun agung Mera dibuat dari poliuretan, dicat, serta diberi daun emas buatan tangan.

Kerumitan juga ada pada setelan dalam emas Raja Nereus yang memiliki sebanyak 30 lapis emas cetakan khusus. Selain itu, seorang pandai besi bekerja selama berpekan-pekan untuk membuat sebagian besar baju besi Kordax, mengerjakannya dengan kuningan, kemudian membentuknya dengan tangan.

Potongan logam tersebut kemudian dicetak dan dibuat dari poliuretan untuk memberikan kenyamanan dan mengurangi kebisingan saat pertempuran. Potongan-potongan yang dibentuk kemudian disatukan menggunakan kulit dan metode tradisional lainnya.

Richard Sale mengaku mendapatkan inspirasi dari ikan pirarucu (Arapaima gigas) yang sangat besar dari Brasil dan merupakan salah satu ikan air tawar terbesar di dunia dengan panjang mencapai 3 meter untuk membuat sisik kostum. Tim kemudian membuat ratusan replika pirarucu yang dapat dilihat pada adegan munculnya tentara Atlantis Kuno.

Nomor 5...lanjutkan membaca>>

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement