Sabtu 16 Sep 2023 18:03 WIB

Film Terbaik Conjuring Universe, Rating Tertinggi Diraih The Conjuring Pertama

The Conjuring membuat penonton terjebak perjalanan horor sesak tanpa henti.

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Qommarria Rostanti
Salah satu adegan di film The Conjuring 2 (ilustrasi). Film The Conjuring pertama memiliki rating tertinggi di Conjuring Universe.
Foto: Warner Bros Pictures.
Salah satu adegan di film The Conjuring 2 (ilustrasi). Film The Conjuring pertama memiliki rating tertinggi di Conjuring Universe.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- The Conjuring memiliki salah satu daya tarik pemasaran yang hebat, bahkan mendapat peringkat R karena terlalu menakutkan. Untuk kali ini, film itu sendiri sesuai dengan tujuan pemasaran yaitu menjadi yang terlaris di Conjuring Universe.

Tanpa perlu banyak adegan berdarah-darah atau adegan seksi, The Conjuring membuat penonton terjebak dalam perjalanan horor sesak tanpa henti, saat Ed dan Lorraine Warren menyelidiki aktivitas paranormal pada tahun 1970-an.

Baca Juga

Peringkat Certified Fresh (yang pertama bagi sutradara James Wan) membantu mengamankan sekuel, pendapatan box office di seluruh dunia senilai 300 juta dolar AS menjamin hal tersebut. The Conjuring 2 hampir sama menakutkannya dengan film pertamanya.

Bertahun-tahun kemudian, Conjuring Universe berkembang pesat, kini berkembang menjadi satu sekuel langsung dan banyak spin-off yang telah membawa penonton ke tempat-tempat seperti London, Roma, dan Meksiko.

Sejak itu, kita telah melihat sekuel ketiga (The Devil Made Me Do It) dan spin-off ekspansi penuh. Berikut ini merupakan rating film-film dalam Conjuring Universe dilansir dari Rotten Tomatoes:

1. The Conjuring (2013): 86 persen

photo
Film The Conjuring. - (Warner Bros Pictures.)

 

Konsensus kritikus, menyebut film ini dibuat dengan baik dan sangat menyeramkan, The Conjuring meningkatkan ketakutan melalui serangkaian ketakutan kuno yang efektif.

2. The Conjuring 2 (2016): 80 persen

photo
The Conjuring 2 - ()

 

Konsensus kritikus, menyebut The Conjuring 2 mau tidak mau kehilangan sedikit rasa dingin dibanding pendahulunya karena ada kedekatan, namun yang tersisa masih merupakan kisah hantu superior yang diceritakan dengan keterampilan yang menggelitik. 

3. Annabelle: Creation (2017): 70 persen

photo
Annabelle: Creation - (dok New Line Cinema)

 

Konsensus kritikus, menyebut film ini menambahkan bab kuat lainnya ke dalam Conjuring Universe. Dan film ini menawarkan bukti lebih lanjut bahwa boneka yang tampak aneh tetap menakutkan.

4. Annabelle Comes Home (2019): 64 persen

photo
Adegan dalam Annabelle Comes Home. - (New Line Cinema)

 

Konsensus kritikus, menyebut film ini menyenangkan bagi para penggemar meskipun tidak seseram beberapa pendahulunya. Annabelle Comes Home menunjukkan masih ada kehidupan yang tersisa dalam Conjuring Universe.

5. The Conjuring: The Devil Made Me Do It (2021): 55 persen 

photo
Salah satu adegan di film The Conjuring: The Devil Made Me Do It - (Dok. Warner Bros Pictures)

 

Konsensus kritikus, menyebut film ini mewakili sebuah komedi untuk film-film inti Conjuring Universe, meskipun Vera Farmiga dan Patrick Wilson tetap membuat penonton tetap tertarik.

6. The Nun II (2023): 48 persen

photo
Salah satu adegan di film The Nun II. - (Dok. Warner Bros)

 

Konsensus kritikus, menyebut The Nun II lebih menakutkan dari pendahulunya, The Nun II menjadi tambahan yang menghibur untuk Conjuring Universe meskipun bukan sekuel horor paling orisinal.

7. The Curse of La Llorona (2019): 28 persen 

photo
Salah satu adegan dalam film The Curse of La Llorona. - (Warner Bros Pictures)

 

Konsensus kritikus menyebut konten yang dibuat berdasarkan ketakutan ini, dibandingkan dengan memanfaatkan potensi cerita yang menyeramkan, The Curse of La Llorona hadir di bioskop yang sudah hancur.

8. Annabelle (2014): 28 persen 

photo
Annabelle - (Dailymotion)

 

Konsensus kritikus, menyebut Annabelle tanpa malu-malu membawa film horor ke arah yang lebih baik, puas meninggalkan serangkaian kejutan murahan kepada pemirsa yang gagal membangun The Conjuring yang jauh lebih efektif.

9. The Nun (2018): 24 persen

photo
Cuplikan film horor, The Nun. - (dok. Warner Bros)

 

Konsensus kritikus, menyebut The Nun menawarkan penampilan yang kuat, atmosfer seram, dan beberapa set-piece yang bagus, tetapi dosa-dosanya termasuk logika yang tidak konsisten dan ada kelambanan narasi.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement