Sabtu 23 Sep 2023 15:31 WIB

Aman Internetan, Ini 10 Cara Menghindari Bug dan Malware

Aktivitas menjelajah web bisa menjadi berisiko karena adanya bug dan malware.

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Natalia Endah Hapsari
Hati-hati terrinfeksi malware saat berselancar di dunia maya/. Ilustrasi
Foto: Mashable
Hati-hati terrinfeksi malware saat berselancar di dunia maya/. Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Aktivitas menjelajah web bisa menjadi berisiko karena adanya bug dan malware yang dapat mengancam keamanan perangkat Anda. Namun, Anda dapat menghindari ancaman ini dan melindungi perangkat dengan beberapa cara.

Dilansir GIZ China pada Sabtu (23/9/2023), berikut 10 cara untuk menghindari bug dan malware saat menjelajah web.

Baca Juga

1. Instal dan Perbarui Perangkat Lunak Keamanan

Salah satu langkah paling penting adalah menginstal dan secara rutin memperbarui perangkat lunak keamanan, termasuk antivirus, anti-malware, dan firewall. Perangkat lunak ini membantu mendeteksi dan menghapus ancaman sebelum merusak perangkat Anda.

2. Gunakan Firewall

Firewall adalah sistem keamanan yang memantau lalu lintas jaringan masuk dan keluar. Ini membantu mencegah akses tidak sah ke perangkat Anda. Pastikan untuk menggunakan firewall bawaan pada sistem operasi Anda atau pasang firewall pihak ketiga.

 

3. Hindari Mengunduh Barang Gratisan

Mengunduh konten gratis, seperti film ilegal atau permainan populer, dapat meningkatkan risiko infeksi malware. Hindari mengunduh dari sumber yang tidak tepercaya dan selalu gunakan toko aplikasi resmi.

 

4. Hindari Situs Berbagi File

Situs berbagi file sering menjadi sumber malware. Hindari mengunduh dari situs-situs ini dan pilih sumber terpercaya untuk konten digital Anda.

 

5. Hati-hati terhadap Pop-Up Palsu

Penipu sering menggunakan pop-up palsu yang menyerupai peringatan keamanan untuk mengundang klik yang berpotensi berbahaya. Ingatlah bahwa peringatan keamanan sah tidak akan meminta Anda mengunduh sesuatu melalui tautan pop-up.

 

6. Hati-hati Terhadap Iklan Palsu

Iklan palsu di web dapat mengarahkan Anda ke situs berbahaya. Hindari mengklik iklan yang mencurigakan atau berasal dari sumber yang tidak dikenali.

 

7. Waspadai Email Phishing

Email phishing dapat mengandung tautan atau lampiran berbahaya. Jangan mengklik tautan atau membuka lampiran dari email yang mencurigakan, terutama jika Anda tidak mengenal pengirimnya.

 

8. Perbarui Perangkat Lunak Anda

Perangkat lunak yang tidak diperbarui bisa menjadi rentan bagi malware. Pastikan sistem operasi, browser, dan perangkat lunak lainnya selalu diperbarui.

 

9. Hindari Situs Web Meragukan

Situs web yang meragukan sering menjadi sumber infeksi malware. Hindari situs-situs ini dan gunakan sumber tepercaya.

 

10. Gunakan Jaringan Pribadi Virtual (VPN)

VPN menciptakan koneksi internet yang aman. Ini membantu melindungi perangkat Anda dengan mengenkripsi lalu lintas dan menyembunyikan alamat IP Anda.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat mengurangi risiko terkena malware saat menjelajah web. Tetap berhati-hati dan selalu perbarui perangkat lunak untuk menjaga keamanan Anda dari ancaman terbaru. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement