Jumat 22 Sep 2023 19:06 WIB

Apakah The Nun II Terhubung ke The Conjuring 4?

Adegan post-credit The Nun II menggoda penggemar.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Qommarria Rostanti
Salah satu adegan di film The Nun II. Apakah The Nun II berkaitan dengan The Conjuring 4?
Foto: dok. Warner Bros
Salah satu adegan di film The Nun II. Apakah The Nun II berkaitan dengan The Conjuring 4?

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kelanjutan kisah petualangan pasangan Ed dan Lorraine Warren akan berlanjut ke film The Conjuring: The Last Rites (The Conjuring 4). Adegan post-credit di film The Nun II mungkin membuat penonton bertanya-tanya, apakah The Nun II terhubung dengan The Conjuring 4?

Dilansir Collider, Kamis (21/9/2023), hingga kini belum ada kepastian siapa yang akan mengarahkan film The Conjuring 4. Namun agaknya tidak mengejutkan apabila James Wan dan Michael Chaves yang duduk di kursi produser dan sutradara. 

Baca Juga

Lagipula, Chaves yang merupakan sutradara film The Nun II menggunakan post-credit film tersebut untuk menggoda penonton. Adegan itu menyiratkan bahwa sesuatu yang besar akan terjadi di The Conjuring Universe. Entah itu yang menghadirkan kembali Valak, Annabelle, atau mungkin iblis dari akhir film ketiga.

Namun penempatan adegan terakhir The Nun II sepertinya bukan sebuah kebetulan. Bahkan, rasanya sangat disengaja, seolah-olah kisah Valak dan keluarga Warren masih memiliki sisa kehidupan. 

Ketika ditanya oleh SlashFilm apakah Valak dan Annabelle akan kembali untuk film final, Chaves tidak ingin memberikan bocoran apa pun. 

“Saya tahu bahwa ada final besar yang sedang direncanakan untuk The Conjuring: The Last Rites dan mengenai apa atau siapa yang ada di dalamnya. Saya tidak ingin memberikan spoiler apa pun,” ujar Chaves. 

Seperti diberitakan sebelumnya, film The Nun II mengambil latar waktu hanya empat tahun setelah kejadian di film pertama. Sebagian besar terjadi di Prancis pada 1956, alur ceritanya mengikuti dua narasi yang berbeda.

Yang pertama berkisar pada kembalinya Suster Irene (Taissa Farmiga) dari film pertama, yang dikirim oleh Gereja Katolik untuk menyelidiki serangkaian pembunuhan aneh yang terjadi sejak petualangan sebelumnya di Rumania. Suster yang ikut serta adalah Suster Debra (Storm Reid), yang berjuang untuk menerima mukjizat yang terkait dengan keyakinan mereka bersama. 

Saat mereka melakukan perjalanan melintasi Eropa, mereka segera mengetahui bahwa Valak (diperankan sekali lagi oleh Bonnie Aarons) mengincar peninggalan kuno yang disebut Mata Saint Lucy, seorang martir Kristen yang tidak akan terbakar, jadi matanya diambil sebelum dia dibunuh. 

Plot sekunder mengikuti Frenchie alias Maurice (Jonas Bloquet) dari film pertama, yang telah dirasuki oleh Valak, tanpa sepengetahuannya. Valak memanfaatkannya di malam hari untuk membayangkan perbuatan gelapnya dan mencari relik tersebut di dalam biara tua yang berubah menjadi kilang anggur, kemudian berubah menjadi sekolah asrama untuk gadis-gadis muda.

Di sana dia berteman dengan Sophie muda (Katelyn Rose Downey) dan ibunya Kate (Anna Popplewell), yang dia sukai. Sayangnya, Valak menyiksa banyak gadis muda, membunuh sejumlah orang, dan hampir memaksa Maurice melakukan hal yang sama kepada orang-orang yang ia cintai. 

Di babak terakhir, Irene datang membantu teman lamanya dan akhirnya menghadapi iblis dengan relik tersebut. Sayangnya, Valak segera mengambil relik itu untuk dirinya sendiri, dan hampir membunuh Suster Irene.

Hanya ketika Irene dan Debra berdoa agar darah Kristus hadir dalam anggur yang tumpah. Valak berdiri di sana dan iblis itu dikalahkan sekali lagi, tampaknya dikirim kembali ke neraka. Namun kali ini, Irene tidak percaya Maurice sudah sembuh total, bahkan saat dia bergabung kembali dengan keluarga barunya. Dengan demikian, kisah Valak berlanjut. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement