Sabtu 23 Sep 2023 00:43 WIB

BI Gelar Lomba Tarkam Inovasi Pangan di Manokwari

Lomba ini untuk menekan inflasi dan mendiversifikasi pangan pokok selain beras.

Red: Fuji Pratiwi
Ilustrasi- Logo Bank Indonesia
Foto: Bank Indonesia
Ilustrasi- Logo Bank Indonesia

REPUBLIKA.CO.ID, MANOKWARI -- Bank Indonesia (BI) Perwakilan Provinsi Papua Barat berupaya menahan laju inflasi dengan menggelar lomba antarkampung (tarkam) di Kabupaten Manokwari.

Berkolaborasi dengan Pemkab Manokwari, BI Papua Barat melakukan kick off dan sosialisasi Lomba Kampung QRIS Peduli Inflasi (KARI PEDAS) dan Kelompok Tani Peduli Inflasi (KETAN PEDAS) untuk mendukung Gerakan Nasional Pengendalian Inflasi Pangan (GNPIP) di Manokwari, Jumat (22/9/2023).

Baca Juga

"Lomba tersebut merupakan langkah nyata untuk mengantisipasi laju inflasi di Kabupaten Manokwari yang sudah mencapai 6,40 persen dan tertinggi di Provinsi Papua Barat," kata Kepala Kantor Perwakilan BI Papua Barat Rommy Sariu Tamawiwy.

Rommy mengatakan, inflasi Kabupaten Manokwari dipengaruhi harga pangan seperti beras yang harus diantisipasi. Kabupaten Manokwari belum bisa memproduksi beras secara mandiri dan masih tergantung dengan daerah lain. Padahal sejumlah daerah lain sudah mulai mengurangi pengiriman beras untuk mengantisipasi perkembangan ekonomi global.