Senin 25 Sep 2023 14:39 WIB

Tanggal Merah dan Kesempatan Jalan-jalan pada September-Oktober 2023, ini Tipsnya

September dan Oktober memiliki sejumlah tanggal merah.

Red: Erdy Nasrul
Ilustrasi merencanakan liburan dan memanfaatkan tanggal merah bersama keluarga.
Foto: Republika/Edwin Putranto
Ilustrasi merencanakan liburan dan memanfaatkan tanggal merah bersama keluarga.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Bulan September dan Oktober memiliki tanggal merah yang menarik untuk dimanfaatkan liburan. Tanggal berapa sajakah? Berikut ini ulasannya

Meski kurang dari sepekan lagi akan berakhir, September masih menyisakan satu tanggal merah, yaitu 28 September yang jatuh pada hari Kamis pekan ini. Ini merupakan liburan Maulid Nabi Muhammad SAW.

Baca Juga

Momentum tersebut biasanya dimanfaatkan sebagian Muslim untuk mengadakan kegiatan pengajian bersama para ulama untuk mengenang kelahiran Nabi Muhammad.

Sehari kemudian akan ada ‘hari kejepit’, yaitu hari Jumat. Biasanya orang akan mengambil cuti atau bahkan bolos beraktivitas untuk liburan, bablas hingga hari Ahad. 

Biasanya kantor akan sepi pada hari kejepit. Karyawan biasanya akan mengatakan, "Nanggung masuk kerja." Pekerjaan biasanya akan ditinggalkan sejenak. Kemudian para pekerja memilih untuk bersantai bersama keluarga dan kerabat.

Kalau kesempatan ini dimanfaatkan untuk jalan-jalan, maka kemungkinan, liburan atau jalan-jalan akan berlangsung selama empat hari. Yaitu hari Kamis, Jumat, Sabtu, dan Ahad. Pada hari Senin, semuanya akan kembali normal, kerja dan beraktivitas seperti biasa.

Oktober ‘apes’ tapi ada keseruan

 

Lihat halaman berikutnya >>>

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement