Selasa 26 Sep 2023 09:21 WIB

Hungaria Tarik Dukungan Terhadap Ukraina

Biji-bijian Ukraina yang lebih murah telah membanjiri pasar Hungaria.

Rep: Dwina Agustin/ Red: Nidia Zuraya
Perdana Menteri Hungaria Viktor Orban mengancam menarik diri dalam mendukung Ukraina.
Foto: AP/Yuri Kochetkov/Pool EPA
Perdana Menteri Hungaria Viktor Orban mengancam menarik diri dalam mendukung Ukraina.

REPUBLIKA.CO.ID, BUDAPEST -- Perdana Menteri Hungaria Viktor Orban mengancam menarik diri dalam mendukung Ukraina. Menurut pernyataan yang disampaikan saat pembukaan parlemen pada Senin (25/9/2023), Hungaria tidak akan mendukung Ukraina dalam urusan internasional sampai hak berbahasa etnis Hongaria dipulihkan.

Orban menegaskan pemerintahnya akan memperjuangkan hak-hak etnis Hungaria di Ukraina bagian barat. “Kami tidak mendukung Ukraina dalam masalah apa pun di kancah internasional sampai Ukraina memulihkan undang-undang yang menjamin hak-hak warga Hungaria,” ujarnya.

Baca Juga

Hungaria berselisih dengan Ukraina mengenai pembatasan hak sekitar 150 ribu etnis Hongaria untuk menggunakan bahasa ibu mereka, terutama di bidang pendidikan. Kiev mengeluarkan undang-undang pada 2017 yang membatasi penggunaan bahasa minoritas di sekolah.

“Mereka ingin mengubah (sekolah-sekolah Hungaria) menjadi sekolah-sekolah Ukraina dan jika hal itu tidak berhasil mereka ingin menutupnya,” kata Orban yang berhaluan nasionalis dalam pidatonya.

Sedangkan Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy mengatakan setelah terpilih pada 2019, bahwa dia yakin perlu menyiapkan rancangan undang-undang untuk melindungi hak-hak kelompok minoritas, khususnya di bidang agama dan bahasa. Namun rencana ini belum terlaksana, terlebih lagi fokus saat ini tertuju pada perang yang sedang terjadi.

Selain itu, Orban mengklaim Hungaria telah tertipu oleh rencana Uni Eropa (UE) yang mengizinkan gandum Ukraina untuk transit melintasi negara itu. Aturan ini diberlakukan setelah pengiriman melintasi Laut Hitam terhambat oleh perang dengan Rusia.

Pengiriman produk Ukraina yang seolah-olah menuju Afrika telah dijual di Hungaria karena harga yang lebih rendah, menekan produsen dalam negeri. “Setelah transit melintasi Laut Hitam menjadi tidak mungkin karena perang, Hungaria membuka koridor transit solidaritas atas permintaan Brussel sehingga makanan bisa sampai ke Afrika dari Ukraina dan melintasi Hungaria. Jujur saja: Mereka menipu kita," ujar Orban.

Orban mengatakan, biji-bijian Ukraina yang lebih murah telah membanjiri pasar Hungaria. Kondisi ini menciptakan kelebihan pasokan yang merugikan industri pertaniannya. 

Bersama dengan Slovakia dan Polandia, Hungaria memberlakukan larangan impor terhadap 23 produk pertanian Ukraina pada 15 September. Namun negara ini akan terus mengizinkan pengiriman produk tersebut melintasi wilayahnya.

Pernyataan Orban muncul setelah Ketua UE Ursula von der Leyen menetapkan visi perluasan UE yang akan mencakup Ukraina pada awal bulan ini. Negara-negara UE akan memutuskan pada Desember keputusan akan mengizinkan Ukraina memulai perundingan aksesi. Langkah ini memerlukan dukungan bulat dari 27 negara di blok tersebut.

Disetujuinya perundingan keanggotaan UE akan dilihat secara luas sebagai kemenangan bagi Ukraina dalam konfliknya dengan Rusia. Negara tersebut tidak hanya berupaya untuk mengusir kekuatan Rusia tetapi juga untuk membebaskan diri dari pengaruh geopolitik Rusia dan memperkuat hubungan dengan Barat.

Selain masalah penentangan terhadap Ukraina, Orban juga menyinggung bahwa Hungaria tidak terburu-buru meratifikasi aksesi Swedia ke NATO. Keputusan itu mengindikasikan adanya penundaan lebih lanjut dalam proses yang terhenti di parlemen sejak tahun lalu. Tawaran keanggotaan Swedia ditunda menunggu persetujuan dari Hungaria dan Turki.

Budapest mengutip tuduhan yang tidak semestinya dari para politisi Stockholm bahwa hal itu telah mengikis hak-hak demokrasi. “Saya bertanya-tanya apakah ada sesuatu yang mendesak yang akan memaksa kita untuk meratifikasi upaya Swedia untuk menjadi NATO. Saya tidak melihat keadaan seperti itu,” kata Orban.

Orban mengatakan kepada parlemen, rencana Brussels untuk menghentikan penggunaan energi Moskow bertentangan dengan kepentingan Eropa dan Budapest. Hongaria sangat terpapar dengan pasokan minyak dan gas Rusia.

Menurut Orban, pihaknya telah mengambil langkah-langkah untuk mendiversifikasi pasokannya. Dia merujuk pembicaraan baru-baru ini dengan Qatar, Turki, dan Azerbaijan mengenai pengiriman gas di masa depan.

Hungaria adalah anggota NATO dan menentang invasi Rusia ke Ukraina, tetapi Orban yang berkuasa sejak 2010 telah membina hubungan dekat dengan Rusia dan menahan diri untuk mengkritik Presiden Vladimir Putin. Hungaria menolak mengirimkan senjata ke Ukraina.

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
وَمَا لَكُمْ اَلَّا تُنْفِقُوْا فِيْ سَبِيْلِ اللّٰهِ وَلِلّٰهِ مِيْرَاثُ السَّمٰوٰتِ وَالْاَرْضِۗ لَا يَسْتَوِيْ مِنْكُمْ مَّنْ اَنْفَقَ مِنْ قَبْلِ الْفَتْحِ وَقَاتَلَۗ اُولٰۤىِٕكَ اَعْظَمُ دَرَجَةً مِّنَ الَّذِيْنَ اَنْفَقُوْا مِنْۢ بَعْدُ وَقَاتَلُوْاۗ وَكُلًّا وَّعَدَ اللّٰهُ الْحُسْنٰىۗ وَاللّٰهُ بِمَا تَعْمَلُوْنَ خَبِيْرٌ ࣖ
Dan mengapa kamu tidak menginfakkan hartamu di jalan Allah, padahal milik Allah semua pusaka langit dan bumi? Tidak sama orang yang menginfakkan (hartanya di jalan Allah) di antara kamu dan berperang sebelum penaklukan (Mekah). Mereka lebih tinggi derajatnya daripada orang-orang yang menginfakkan (hartanya) dan berperang setelah itu. Dan Allah menjanjikan kepada masing-masing mereka (balasan) yang lebih baik. Dan Allah Mahateliti apa yang kamu kerjakan.

(QS. Al-Hadid ayat 10)

Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement