Sabtu 30 Sep 2023 13:01 WIB

Drone Sprayer Asal Bantul Hadir di Pameran Rakernas IV PDIP

Drone sprayer dinilai akan menjadi teknologi yang mendukung produksi pertanian.

Red: Nora Azizah
Drone Sprayer asal Bantul yang dipamerkan dalam Pameran Pangan Plus 2023 di Rakernas IV PDIP.
Foto: Dok. Istimewa
Drone Sprayer asal Bantul yang dipamerkan dalam Pameran Pangan Plus 2023 di Rakernas IV PDIP.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pameran Pangan Plus 2023 turut menampilkan sederet teknologi terkini terkait dengan bidang pertanian terutama dalam mendukung produksi pertanian yang mudah dan menghasilkan hasil pangan yang maksimal. Salah satu teknologi petanian yang ditampilkan dalam rangkaian Rapat Kerja Nssional (Rakernas) IV PDIP, yakni Drone Sprayer asal Bantul.

Teknologi ini mempermudah dalam melakukan penyemprotan pupuk, pestisida, dan cairan lainnya. Hal ini juga akan mempermudah dan penghematan waktu pengerjaan, sehingga jadi lebih efektif dan efisien.

Baca Juga

Teknologi Drone Sprayer ini juga mampu melakukan penyemprotan hingga 10 - 20 Ha lahan sawah dan dapat beradaptasi dengan segala bentuk kontur tanah. Selain itu, penyemprotan pestisida menggunakan drone tidak menimbulkan efek samping kesehatan bagi petani.

Penggunaan teknologi drone penyemprotan dapat membantu petani bekerja lebih produktif, efektif, dan efisien sehingga mampu memenuhi kebutuhan pangan penduduk dunia yang terus meningkat. Selain itu, Drone Sprayer dapat mewujudkan penerapan pertanian presisi, sistem pertanian yang dapat mengoptimalkan sumber daya untuk mendapatkan hasil yang maksimal dan mengurangi dampak terhadap lingkungan.