Ahad 01 Oct 2023 07:21 WIB

Klasemen Sementara Perolehan Medali Asian Games, di Mana Posisi Indonesia yang Sulit Emas?

Kontingen Indonesia masih belum memberikan kebanggaan lagi kepada bangsa.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Pelari Indonesia Lalu M Zohri (tengah) lolos ke final Asian Games 2022, Sabtu (30/9/2023). Namun, Zohri luput menyabet prestasi.
Foto: AP Photo/Lee Jin-man
Pelari Indonesia Lalu M Zohri (tengah) lolos ke final Asian Games 2022, Sabtu (30/9/2023). Namun, Zohri luput menyabet prestasi.

REPUBLIKA.CO.ID, HANGZHOU -- Indonesia harus puas mengakhiri pekan pertama pasca pembukaan di peringkat ke-13 klasemen sementara perolehan medali Asian Games 2022. Dalam dua hari terakhir penyelenggaraan, kontingen merah putih gagal meraih satu pun medali dari berbagai cabang olahraga (cabor).

Hingga Ahad (1/10/2023) pagi WIB, Indonesia baru mengumpulkan tiga medali emas, tiga medali perak, dan 10 medali perunggu. Total 16 medali yang dikoleksi Indonesia ini tidak pernah berubah dalam dua hari terakhir, meski sempat mengirimkan wakil di partai final dalam sejumlah cabor.

Baca Juga

Keberhasilan Samuel Marbun meraih medali perak di nomor Changquan putra Wushu dan torehan medali perunggu tim sepak takraw putri pada nomor beregu pada Kamis (28/9/2023) diketahui dua torehan terakhir medali Indonesia hingga saat ini. Puasa raihan medali Indonesia pun terus berlanjut dalam dua hari terakhir.

Padahal, sejumlah atlet Indonesia sempat tampil di partai final, tepatnya pada Sabtu (29/9/2023) malam WIB. Salah satunya adalah Lalu Muhammad Zohri. sprinter andalan Indonesia itu melenggang mulus ke final lomba lari nomor 100 meter putra usai menjadi yang tercepat di babak semifinal dengan catatan waktu 10,12 detik. Sayangnya, Zohri gagal mengulangi performa apik tersebut di partai final.

Zohri harus puas finish di posisi keenam seetelah mencatatkan waktu 10,16 detik. Medali emas di nomor paling bergengsi di cabor atletik tersebut direbut sprinter tim tuan rumah, Cina, Zhenye Xie, setelah menorehkan catatan waktu 9,97 detik. Dua podium terakhir direbut oleh atlet lari asal Thailand, Puripol Boonson, dan sprinter Malaysia, Muhammad Azzeem bin Mohammad Fahmi.

Tidak hanya Zohri, dua pelari jarak jauh Indonesia, Robi Sianturi, dan Rikki Marthi Luther Simbolon, juga gagal naik podium kala tampil di nomor 10.000 meter putra. Sementara Robi mengakhiri lomba di posisi kedelapan dengan catatan waktu 29:55:31 detik, Rikki berada di belakang Robi dengan finish di posisi kesembilan dengan torehan waktu 30:56:66 detik. 

Sempat menempati peringkat ke-12 klasemen sementara perolehan medali, posisi Indonesia diambil alih negera jiran, Malaysia. Kontingen Malaysia sukses mengumpulkan tiga medali emas, tiga medali perak, dan 12 medali perunggu. Indonesia kalah dalam jumlah raihan medali secara keseluruhan dari Malaysia. 

Peringkat Thailand dan Malaysia lebih baik ...

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement