Kamis 05 Oct 2023 18:33 WIB

Tidak Hanya Laut dan Atmosfer, Suhu Tanah Juga Memanas Akibat Perubahan Iklim

Namun, kenaikan suhu panas tanah belum mendapatkan perhatian serius.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Nora Azizah
Suhu panas ekstrem ternyata berkembang lebih cepat di dalam tanah karena perubahan iklim.
Foto: ANTARA FOTO/Abriawan Abhe
Suhu panas ekstrem ternyata berkembang lebih cepat di dalam tanah karena perubahan iklim.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bumi sedang memanas, dan bukan hanya atmosfer dan lautan, namun juga tanah. Sebuah studi baru mengungkap bahwa kenaikan suhu pada tanah belum mendapat perhatian serius, padahal kondisi tanah yang semakin panas menimbulkan risiko bencana.

“Suhu tanah hanya mendapat sedikit perhatian secara keseluruhan dalam studi tentang perubahan iklim yang disebabkan oleh manusia. Sebagian karena kompleksitas pengukuran membuat sulit untuk menemukan data yang cukup andal tentang suhu tanah dibandingkan dengan suhu udara di dekat permukaan,” kata para peneliti seperti dilansir Science Alert, Kamis (5/10/2023). 

Baca Juga

Dalam studi yang dipublikasikan dalam Nature Climate Change, tim peneliti dari seluruh Jerman mengumpulkan data suhu tanah dari berbagai sumber, termasuk stasiun pemantauan meteorologi, satelit penginderaan jarak jauh, kumpulan analisis ulang data ERA5-Land, dan simulasi dari model sistem bumi.

Tim ini mengandalkan indeks TX7d, yang dimaksudkan untuk menangkap intensitas panas ekstrem dengan rata-rata suhu maksimum harian selama pekan terpanas per tahun.