Senin 30 Oct 2023 21:37 WIB

Ayam Ternak Sumbang Emisi Gas Rumah Kaca?

Daging ayam ternak juga memiliki jejak karbon meski rendah.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Nora Azizah
Peternakan ayam dinilai juga menyumbang emisi gas rumah kaca.
Foto: Antara/Ari Bowo Sucipto
Peternakan ayam dinilai juga menyumbang emisi gas rumah kaca.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ayam ternak menjadi salah satu penyumbang emisi gas rumah kaca (GRK), dengan satu kilogram daging ayam menghasilkan 6 kilogram karbon, menurut Organisasi Pangan dan Pertanian PBB (FAO). Meskipun emisi yang dihasilkan lebih rendah dibandingkan daging sapi, namun para peternak ayam mulai mencari cara mengembangkan peternakan yang lebih berkelanjutan.  

Seorang peternak ayam asal Prancis, Stephanie Dahirel, telah mengembangkan peternakan ayam secara intensif di Brittany, Prancis Barat. Sistem peternakan intensif merupakan pemeliharaan ternak dalam kandang khusus, yang  dinilai lebih ramah lingkungan dengan tetap mempertahankan profit.

Baca Juga

Sebanyak 30 ribu ekor ayam yang ada di dalamnya akan bertambah tiga kali lipat dalam waktu kurang dari satu bulan, dan dagingnya akan memiliki jejak karbon yang rendah.

"Tujuannya adalah untuk menghasilkan daging yang berkualitas, dalam waktu sesingkat mungkin, dengan jumlah makanan sesedikit mungkin," kata Dahirel seperti dilansir Phys, Senin (30/10/2023).