Selasa 31 Oct 2023 22:36 WIB

Ada 4 Tipe Pengguna Media Sosial, Anda termasuk yang Mana?

Pengguna media sosial dikaitkan dengan kepribadian dan perilaku.

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Natalia Endah Hapsari
Penggunaan media sosial berbasis gambar berfokus pada aktivitas yang berkaitan dengan menampilkan citra positif dan bagaimana seseorang dipandang oleh orang lain. /ilustrasi
Foto: Freepik
Penggunaan media sosial berbasis gambar berfokus pada aktivitas yang berkaitan dengan menampilkan citra positif dan bagaimana seseorang dipandang oleh orang lain. /ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Pengguna media sosial terbagi dalam empat kategori dan masing-masing dikaitkan dengan kepribadian dan perilaku. Ini terungkap berdasarkan penelitian seorang psikolog dari Washington University, St Louis, AS.

Para peneliti merancang model ‘skala penggunaan media sosial’ berdasarkan empat cara orang berinteraksi dengan media sosial. Yakni berbasis keyakinan, berbasis konsumsi, berbasis gambar, atau berbasis perbandingan.

Baca Juga

Melansir dari Cosmos Magazine, Selasa (31/10/2023), studi ini dipublikasikan di jurnal Assessment. Dalam mengembangkan model tersebut, para peneliti melakukan tiga studi terpisah, yang pada akhirnya mempersempit 17 aktivitas media sosial dan empat jenis pengguna tersebut. “Media sosial akan tetap ada, jadi memperjelas cara orang menggunakan media sosial dan meningkatkan kesadaran akan temuan ini merupakan langkah pertama yang penting, untuk membantu orang memahami bagaimana mereka dapat menghindari aspek negatif dari jejaring sosial dan terlibat dalam penggunaan media sosial yang lebih sehat,” kata peneliti dan penulis studi, Alison Tuck.

Studi pertama dirancang untuk membuat daftar lengkap aktivitas media sosial. Para peneliti meminta 176 mahasiswa (berusia 18 hingga 23 tahun) untuk menghabiskan tiga menit menggunakan media sosial mereka di satu atau lebih situs, termasuk Facebook, Instagram, Twitter, Snapchat, Reddit, Tumblr, dan LinkedIn. 

Kemudian para peneliti menanyakan mereka untuk menulis deskripsi terbuka tentang aktivitas dan kesenangan mereka. Contohnya mencakup aktivitas objektif yang menambahkan aspek subjektif atau emosional jika memungkinkan, seperti ‘membaca konten berita yang menurut saya menjengkelkan’.

Dari daftar awal yang berisi 45 jenis aktivitas media sosial yang representatif, termasuk ‘membaca berita’ atau ‘memposting gambar’, para peneliti menyempurnakan daftar tersebut menjadi 31 aktivitas untuk studi kedua.

Dalam studi kedua, 311 peserta baru (berusia 18 hingga 23 tahun) diminta untuk menilai seberapa sering mereka terlibat dalam 31 aktivitas ini selama pekan sebelumnya, dengan frekuensi penggunaan diukur dalam skala dari tidak pernah (1) hingga setiap jam atau lebih (9), dan tingkat kenikmatan mereka menggunakan media sosial.

Para peserta dalam studi kedua juga menyelesaikan 10 survei kepribadian dan perilaku, mengukur ciri-ciri seperti harga diri, ketakutan akan evaluasi negatif, depresi, dan kecemasan sosial.

Dengan menggunakan analisis faktor, sebuah teknik statistik yang membantu mengungkap pola-pola umum dalam kumpulan data yang besar, para peneliti mengidentifikasi empat kategori utama penggunaan media sosial, berbasis keyakinan, berbasis konsumsi, berbasis gambar, dan berbasis perbandingan.

Studi ketiga dirancang untuk menguji temuan tersebut. Para peneliti menguji struktur empat faktor dengan kelompok baru yang terdiri dari 397 peserta (berusia 18 hingga 22 tahun), menggunakan proses penilaian yang sama seperti penelitian kedua. 

Itu mencakup kuesioner tambahan tentang frekuensi penggunaan media sosial, promosi diri individu, kecemasan sosial, jaminan sosial, dan kepuasan hidup. Hasil penelitian ketiga menegaskan model penilaian empat faktor yang sudah sesuai.

“Data kami menunjukkan bahwa jenis penggunaan ini merupakan konstruksi yang berbeda, masing-masing terkait dengan sifat uniknya sendiri,” kata Tuck.

Hasilnya menunjukkan masing-masing dari empat jenis penggunaan media sosial berkorelasi dengan kepribadian dan perilaku.

Penggunaan media sosial berbasis gambar berfokus pada aktivitas yang berkaitan dengan menampilkan citra positif dan bagaimana seseorang dipandang oleh orang lain. Tipe ini dikaitkan secara positif dengan keinginan untuk menampilkan diri dan memberikan kesan yang baik, terkait dengan kesejahteraan sosial dan emosional yang lebih buruk (seperti narsisme dan depresi). 

Penggunaan media sosial berbasis perbandingan, aktivitas yang melibatkan membandingkan diri sendiri dengan orang lain atau masa lalu, dikaitkan dengan kesejahteraan sosial dan emosional yang lebih buruk, seperti kekhawatiran terkait penampilan fisik dan ketakutan akan evaluasi negatif.

Penggunaan media sosial berbasis keyakinan, berbagi atau memperkuat opini dan keyakinan negatif pada suatu topik, dikaitkan dengan kesejahteraan sosial dan emosional yang lebih buruk (depresi yang lebih besar, mencari konten yang menjengkelkan secara emosional) serta rendahnya tingkat keramahan dan kesadaran.

“Selain itu, (penggunaan media sosial) berbasis keyakinan ini secara unik dikaitkan dengan peningkatan kerentanan terhadap kebosanan dan kecenderungan untuk terlibat dalam drama,” tulis para penulis.

Sementara itu, penggunaan media sosial berbasis konsumsi penggunaan media sosial untuk mengonsumsi konten yang menghibur, dikaitkan dengan kesejahteraan emosional yang lebih baik (seperti keramahan dan harga diri) dan kenikmatan tertinggi terhadap media sosial.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement