Sabtu 04 Nov 2023 18:32 WIB

Honduras Tarik Dubesnya di Tel Aviv, Israel: Keputusan yang Mendukung Hamas

Sebelumnya Bolivia, Chile, dan Kolombia juga melakukan hal yang sama dengan Honduras.

Red: Nidia Zuraya
Peta Honduras, ilustrasi
Peta Honduras, ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, TEL AVIV -- Kementerian Luar Negeri Israel mengecam kebijakan pemerintah Honduras untuk menarik duta besarnya dari Israel sebagai protes atas pertempuran di Gaza. “Keputusan pemerintah Honduras untuk menarik duta besarnya mengabaikan hak Israel untuk membela diri melawan organisasi teroris Hamas, yang lebih buruk dari ISIS,” kata juru bicara Kementerian Luar Negeri Israel, Lior Haiat, di platform media sosial X, sebelumnya Twitter.

Haiat menyebut Hamas telah membunuh lebih dari 1.400 orang, menculik 240 orang, di antaranya anak-anak, bayi, wanita dan orang tua, dan masih menyandera mereka. "Israel akan melawan teroris Hamas sampai Hamas tersingkir dari Jalur Gaza,” katanya seperti dilansir Times of Israel.

Baca Juga

“Kami memperkirakan pemerintah Honduras akan mengutuk Hamas, mendukung hak Israel untuk membela diri, dan tidak mengambil keputusan yang mendukung terorisme Hamas,” kata Haiat menambahkan.

Honduras adalah negara Amerika Latin terbaru yang menunjukkan penolakannya terhadap operasi Israel di Gaza. Awal pekan ini, Israel mengkritik Bolivia, Chile, dan Kolombia karena mengambil langkah diplomatik sebagai protes atas operasi militernya di Gaza.

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
قَالَ ادْخُلُوْا فِيْٓ اُمَمٍ قَدْ خَلَتْ مِنْ قَبْلِكُمْ مِّنَ الْجِنِّ وَالْاِنْسِ فِى النَّارِۙ كُلَّمَا دَخَلَتْ اُمَّةٌ لَّعَنَتْ اُخْتَهَا ۗحَتّٰٓى اِذَا ادَّارَكُوْا فِيْهَا جَمِيْعًا ۙقَالَتْ اُخْرٰىهُمْ لِاُوْلٰىهُمْ رَبَّنَا هٰٓؤُلَاۤءِ اَضَلُّوْنَا فَاٰتِهِمْ عَذَابًا ضِعْفًا مِّنَ النَّارِ ەۗ قَالَ لِكُلٍّ ضِعْفٌ وَّلٰكِنْ لَّا تَعْلَمُوْنَ
Allah berfirman, “Masuklah kamu ke dalam api neraka bersama golongan jin dan manusia yang telah lebih dahulu dari kamu. Setiap kali suatu umat masuk, dia melaknat saudaranya, sehingga apabila mereka telah masuk semuanya, berkatalah orang yang (masuk) belakangan (kepada) orang yang (masuk) terlebih dahulu, “Ya Tuhan kami, mereka telah menyesatkan kami. Datangkanlah siksaan api neraka yang berlipat ganda kepada mereka” Allah berfirman, “Masing-masing mendapatkan (siksaan) yang berlipat ganda, tapi kamu tidak mengetahui.”

(QS. Al-A'raf ayat 38)

Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement