Ahad 05 Nov 2023 09:45 WIB

Erdogan: Netanyahu Sudah tak Bisa Diajak Bicara

Turki tidak memutuskan hubungan dengan Israel.

Rep: Mabruroh/ Red: Fernan Rahadi
Presiden Turki Recep Erdogan dan PM Israel Benjamin Netanyahu
Foto: balkaneu
Presiden Turki Recep Erdogan dan PM Israel Benjamin Netanyahu

REPUBLIKA.CO.ID, ISTANBUL -- Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan mengatakan pada Sabtu (4/11/2023), dia memutuskan kontak dengan Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu, karena tindakan Israel di Gaza.

“Netanyahu bukan lagi seseorang yang bisa kita ajak bicara. Kami telah mengabaikannya,” media Turki mengutip pernyataan Erdogan.

Baca Juga

Pernyataan Erdogan datang sepekan setelah Israel mengatakan sedang mengevaluasi ulang hubungannya dengan Ankara, karena retorika Turki yang semakin memanas tentang perang Israel-Hamas.

Israel sebelumnya telah menarik semua diplomat dari Turki dan negara-negara regional lainnya, sebagai tindakan pencegahan keamanan Pasukan Israel telah mengepung kota Gaza. Israel mencoba menghancurkan Hamas sebagai pembalasan atas serangan 7 Oktober ke Israel yang menurut para pejabat menewaskan sekitar 1.400 orang, sebagian besar warga sipil, dan menyandera sekitar 240 orang.

Kementerian kesehatan di Gaza, yang dijalankan oleh Hamas, mengatakan lebih dari 9.400 warga Gaza, kebanyakan wanita dan anak-anak, mati syahid dalam serangan Israel dan kampanye darat yang semakin intensif.

Erdogan mengatakan pada hari Sabtu (4/11/2023), bahwa Turki tidak memutuskan hubungan diplomatik dengan Israel. "Pemutusan hubungan secara lengkap tidak mungkin, terutama dalam diplomasi internasional," kata Erdogan, dilansir dari Arab News, Ahad (5/11/2023).

Dia mengatakan, kepala badan intelijen MIT Ibrahim Kalin mempelopori upaya Turki untuk mencoba dan menengahi mengakhiri perang.

"Ibrahim Kalin berbicara dengan pihak Israel. Tentu saja, dia juga bernegosiasi dengan Palestina dan Hamas," kata Erdogan.

Tetapi dia mengatakan Netanyahu menanggung tanggung jawab utama atas kekerasan dan telah kehilangan dukungan dari warganya sendiri. "Apa yang perlu dia lakukan adalah mundur selangkah dan menghentikan ini," kata Erdogan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement