Selasa 07 Nov 2023 13:16 WIB

Asyik, Cari Lagu di Youtube Bisa dengan Cara Bersenandung

Saat ini tidak perlu beralih ke aplikasi lain untuk mencari lagu di Youtube.

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Natalia Endah Hapsari
 Fitur mencari lagu dengan bersenandung hanya berfungsi di aplikasi seluler YouTube dan tidak tersedia di versi web.   (ilustrasi)
Foto: www.pixabay.com
Fitur mencari lagu dengan bersenandung hanya berfungsi di aplikasi seluler YouTube dan tidak tersedia di versi web. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pernahkah Anda memikirkan lagu yang menarik, tetapi Anda tidak dapat mengingat nama atau lirik lagunya? Anda mungkin beralih ke aplikasi seperti Shazam untuk mendapatkan jawabannya. 

Namun, sekarang, Anda tak perlu repot lagi karena YouTube menawarkan solusi dengan bernyanyi atau bersiul. Fitur ini hanya berfungsi di aplikasi seluler YouTube dan tidak tersedia di versi web. Berikut panduan langkah demi langkah, dilansir GadgetsNow, Selasa (7/11/2023):

Baca Juga

 

1.Buka aplikasi YouTube

Untuk memulai, buka aplikasi YouTube di perangkat seluler Anda.

 

2.Buka tombol Cari

Setelah Anda masuk ke dalam aplikasi YouTube, ketuk ikon Pencarian yang terletak di sudut kanan atas layar.

 

3.Aktifkan akses mikrofon

Di samping bilah pencarian, ketuk ikon mikrofon untuk menggunakan fitur hum-to-search. Anda mungkin harus memberikan izin kepada YouTube untuk menggunakan mikrofon. Jika Anda mengkhawatirkan privasi, Anda dapat mengizinkan akses mikrofon saat menggunakan aplikasi atau mematikannya setelah menggunakan fitur tersebut.

 

4.Bernyanyi atau bersiul nada lagu yang dicari

Dengan mikrofon yang diaktifkan, kini Anda dapat bernyanyi atau bersiul lagu yang ingin Anda identifikasi. YouTube kemudian akan menggunakan input audio ini untuk mencari lagu tersebut.

 

5.Tinjau dan pilih hasilnya

YouTube akan memberi Anda daftar hasil yang diyakini cocok dengan keinginan Anda. Dalam kebanyakan kasus, ini berfungsi dengan baik dalam mengidentifikasi lagu. Jika benar, cukup ketuk hasilnya untuk mengakses lagu. Jika tidak berhasil, ketuk lagi ikon mikrofon dan coba menyanyikan lagu tersebut sekali lagi.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement