Jumat 17 Nov 2023 15:43 WIB

Bank Jatim Gandeng LPEI untuk Akselerasi Kinerja Ekspor

Peningkatan ekspor memang harus terus diupayakan secara konsisten.

Rep: Dadang Kurnia/ Red: Yusuf Assidiq
Bank Jatim
Foto: Dadang Kurnia
Bank Jatim

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA -- PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Timur Tbk (Bank Jatim) melaksanakan penandatanganan MoU dengan Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia (LPEI) atau Indonesia Eximbank dalam upaya peningkatan ekspor. Direktur Utama Bank Jatim, Busrul Iman mengatakan, kesepakatan yang dijalin juga sebagai komitmen perseroan memajukan perekonomian daerah maupun nasional.

Busrul berharap, MoU yang dijalin antara Bank Jatim dengan LPEI terkait layanan jasa keuangan tersebut dapat menjadi akselerator pertumbuhan ekonomi baik di Jatim maupun Indonesia. "Pada intinya, kami akan terus memperkuat sinergi dengan LPEI untuk mendorong pemanfaatan transaksi keuangan demi mendukung kegiatan ekspor," kata Busrul, Jumat (17/11/2023).

Ia memaparkan, ruang lingkup kerja sama antara Bank Jatim dengan LPEI cukup luas. Yaitu meliputi funding, lending, dan layanan jasa keuangan. Untuk funding, hal-hal yang dikerjasamakan antara lain cash management service untuk pengelolaan devisa hasil ekspor debitur-debitur LPEI.

Kemudian, pelayanan pembukaan rekening bagi eksportir kelolaan LPEI, pengelolaan dana operasional bagi eksportir kelolaan LPEI, potensi layanan Jatim Prioritas bagi eksportir kelolaan LPEI (sesuai dengan ketentuan), dan simpanan berjangka dalam bentuk rupiah serta valuta asing.

Kemudian di sisi lending, kerja samanya mencakup layanan pembiayaan bersama (co-financing) modal kerja dan investasi bagi eksportir kelolaan LPEI atau Bank Jatim. Terakhir, layanan jasa keuangan yang di dalamnya ada potensi transaksi trade finance (L/C, SKBDN, remmitance).

"Kerja sama ini turut menjadi bagian dalam pengembangan bisnis Bank Jatim dan sekaligus mendorong pengembangan bisnis LPEI ke depan," ujar Busrul.

Busrul mengatakan, peningkatan ekspor memang harus terus diupayakan secara konsisten oleh seluruh stakeholder. Sebab, dengan surplusnya neraca perdagangan akan memutar roda perekonomian serta ikut mendorong penciptaan lapangan pekerjaan ketika ada peningkatan permintaan barang dan jasa.

Direktur Eksekutif LPEI Riyani Tirtoso mengatakan, kerja sama dengan Bank Jatim merupakan langkah strategis yang akan membantu LPEI dalam memberikan layanan terbaik kepada para nasabah yang merupakan para eksportir.

Ia meyakini, sinergi dan kolaborasi yang dibangun dapat mendorong terciptanya pelaku usaha yang berdaya saing serta berkontribusi kepada ekspor nasional secara berkelanjutan. "Besar harapan kami kerja sama ini dapat terus dikembangkan dan ditingkatkan," ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement