Ahad 19 Nov 2023 16:59 WIB

Dukung Kemandirian Santri, Relawan Ganjar Gelar Pelatihan Budi Daya Sayur Hidroponik

Kegiatan dilaksanakan untuk menambah ilmu pengetahuan kepada santri.

Red: Gilang Akbar Prambadi
Pelatihan budi daya sayur lewat media tanam hidroponik bagi para santri di Pondok Pesantren As-Salam, Desa Tugusari, Kecamatan Bangalsari, Kabupaten Jember, Jawa Timur.
Foto: Dok. Web
Pelatihan budi daya sayur lewat media tanam hidroponik bagi para santri di Pondok Pesantren As-Salam, Desa Tugusari, Kecamatan Bangalsari, Kabupaten Jember, Jawa Timur.

REPUBLIKA.CO.ID, KABUPATEN JEMBER -- Sukarelawan Santri Dukung Ganjar (SDG) menggelar kegiatan pelatihan budi daya sayur lewat media tanam hidroponik bagi para santri di Pondok Pesantren As-Salam, Desa Tugusari, Kecamatan Bangalsari, Kabupaten Jember, Jawa Timur.

Koordinator Wilayah Santri Dukung Ganjar Jawa Timur, Hurriyahi mengatakan kegiatan dilaksanakan untuk menambah ilmu pengetahuan kepada santri bahwa menanam dapat dilakukan dengan cara yang mudah.

Baca Juga

“Kami mengenalkan kepada santri bahwa menanam tidak harus berada di sawah atau lahan luas. Dapat dilakukan di rumah lewat media tanam hidroponik,” ujar Hurriyahi seperti dinukil pada Ahad (19/11/2023). 

Menurut dia, kegiatan ini mendapat antusias tinggi dari para peserta. Sebab, menurutnya kegiatan seperti ini sangat jarang di kalangan santri.

“Ini menarik bagi kalangan santri dan gen z untuk kita lakukan kegiatan pelatihan ini. Manfaatnya juga untuk kemandirian santri,” ungkapnya.

Salah satu santriwati, Devi Purwati Sari mengaku senang dengan kegiatan yang diadakan SDG karena ada banyak ilmu yang didapat.

“Tadi sudah mengikuti pelatihan budi daya tanaman hidroponik, kegiatannya sangat positif. Ada banyak ilmu yang didapat, mulai dari cara menanam, merawat, hingga memanennya,” kata Devi. 

Tak hanya di Jatim, SDG juga telah menggrlar pelatihan kewirausahaan dan menanam bibit pohon bersama komunitas pemuda, di Desa Samhurang, Kecamatan Labuan Amas Utara (LAU) , Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST), Kalimantan Selatan.

"Dalam kegiatan kegiatan pelatihan kewirausahaan dan menanam bibit pohon bersama komunitas pemuda tersebut, kami Santri Dukung Ganjar menggandeng Karang Taruna Muda Jaya," ujar Korwil Santri Dukung Ganjar Kalimantan Selatan Rizali, demikian dilansir dari Antara

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement