Senin 23 Sep 2024 15:13 WIB

Tomat Dinobatkan Buah Paling Sehat di Dunia Menurut CDC, Ini Alasannya

Tomat dinilai memiliki skor kepadatan nutrisi terbesar dibandingkan buah lainnya.

Red: Qommarria Rostanti
Tomat. Tomat dinobatkan sebagai buah paling sehat di dunia oleh Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) Amerika Serikat.
Foto: Dok. Freepik
Tomat. Tomat dinobatkan sebagai buah paling sehat di dunia oleh Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) Amerika Serikat.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tomat baru saja dinobatkan sebagai buah paling sehat di dunia oleh Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) Amerika Serikat. Badan tersebut merilis daftar buah dan sayuran "kuat", yang didefinisikan sebagai buah dan sayuran yang paling kuat kaitannya dengan penurunan risiko penyakit kronis.

Dilansir laman Best Life pada Senin (23/9/2024), sebanyak 26 makanan pertama dalam daftar tersebut adalah sayuran, terutama dari varietas kubis-kubisan atau berdaun hijau. Buah pertama yang muncul dalam peringkat tersebut adalah tomat yang memiliki skor kepadatan nutrisi sebesar 20,37.

Baca Juga

Skor tersebut dihitung berdasarkan bioavailabilitas dari 17 nutrisi utama. Menurut Cleveland Clinic, tomat mentah berukuran sedang mengandung hal-hal berikut:

-17 gram vitamin C (19 persen dari daily value (DV) untuk orang dewasa). DV merupakan nilai harian nutrisi yang direkomendasikan untuk dikonsumsi atau tidak boleh dilampaui setiap hari