Sabtu 25 Nov 2023 22:35 WIB

Doa yang Diucapkan Nabi Muhammad SAW Saat Hadapi Kesulitan

Nabi Muhammad SAW membaca doa saat kesulitan.

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Muhammad Hafil
Ilustrasi kaligrafi Nabi Muhammad
Foto: Dok Republika
Ilustrasi kaligrafi Nabi Muhammad

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Ada beberapa doa yang dapat diucapkan oleh seorang Muslim untuk mendapatkan ketenangan dalam menjalani aktivitas sehari-hari. Tentu saja, setiap hari ada saja masalah yang harus diselesaikan. Dan manusia tidak lepas dari persoalan.

Untuk itu, perlu bagi setiap Muslim untuk memanjatkan doa-doa yang baik agar diberi ketenangan dan dipermudah dalam menghadapi masalah tersebut. Berikut adalah doa-doa yang diajarkan Nabi Muhammad SAW untuk memohon ketenangan dan kemudahan menyelesaikan masalah.

Baca Juga

1. Doa Riwayat Ibnu Abbas RA

Pertama, dalam riwayat Ibnu Abbas RA, dia berkata, "Sesungguhnya Rasulullah SAW saat dalam kesulitan, membaca:

اَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ الْعَظِيمُ الْحَلِيمُ، لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ رَبُّ الْعَرْشِ الْعَظِيمِ، لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ رَبُّ السَّمَوَاتِ وَرَبُّ الْأَرْضِ رَبُّ الْعَرْشِ الْكَرِيمِ

Latin:

Laa ilaaha illallaahul 'adzhiimul haliim, laa ilaaha illallaahu robbul 'arsyil 'adzhiim, laa ilaaha illallaahu robbus samaawaati wa robbul ardhi robbul 'arsyil kariim

Terjemahan:

Tiada Tuhan selain Allah Yang Mahabesar lagi Maha Penyantun. Tiada Tuhan selain Allah, Tuhan Pemelihara arasy yang agung. Tiada Tuhan selain Allah, Tuhan Pemelihara langit dan Tuhan Pemelihara bumi, yaitu Tuhan Pemelihara arasy.

Pada riwayat Muslim disebutkan, "Sesungguhnya Nabi Muhammad SAW jika dihadapkan suatu perkara yang penting (atau perkara yang menyulitkan), beliau SAW mengucapkan bacaan tersebut." (HR Bukhari dan Muslim)

2. Doa Riwayat Abu Bakar RA

Selanjutnya ialah doa yang diriwayatkan dari Abu Bakar RA, bahwa sesungguhnya Rasulullah SAW bersabda, "Doa orang yang ditimpa kesulitan adalah:

اللَّهُمَّ رَحْمَتَكَ أَرْجُو فَلاَ تَكِلْنِي إِلَى نَفْسِي طَرْفَةَ عَيْنٍ، وَأَصْلِحْ لِيْ شَأْنِي كُلَّهُ، لاَ إِلَهَ إِلاَّ أَنْتَ

Latin:

Allahumma rohmataka arjuu falaa takilnii ilaa nafsii thorfata 'ainin wa ashlih lii sya’nii kullahu laa ilaaha illaa anta.

Terjemahan:

Ya Allah, hanya rahmat-Mu yang aku harapkan, maka jangan biarkan aku mengikuti nafsuku sekejap mata pun. Perbaikilah keadaanku seluruhnya. Tiada Tuhan kecuali Engkau." (HR Abu Daud)

Sumber:

Al-Adzkaar karya Imam Nawawi

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement