Senin 04 Dec 2023 16:17 WIB

Pemasangan PLTS Kedua di TSM Cibubur Setara Menanam 24 Ribu Pohon

TSM Group menganggap, pemasangan panel surya memang menjadi sebuah kebutuhan.

Red: Erik Purnama Putra
Corporate GM Engineering TSM Cibubur Hendrik Silalahi bersama  Corporate GM Engineering TSM Cibubur Hendrik Silalahi saat peluncuran PLTS di Cibubur, Kota Depok, Senin (4/12/2023).
Foto: Republika.co.id
Corporate GM Engineering TSM Cibubur Hendrik Silalahi bersama Corporate GM Engineering TSM Cibubur Hendrik Silalahi saat peluncuran PLTS di Cibubur, Kota Depok, Senin (4/12/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Trans Shopping Mall (TSM) Group untuk kedua kalinya memasang pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) di atap mal. Jika yang pertama dilakukan di Trans Studio Mall Bandung pada 27 November 2023, kali ini PLTS kedua dengan tetap menggandeng Xurya dipasang di Trans Studio Mall Cibubur.

Kapasitas PLTS Trans Studio Mall Cibubur mampu menghasilkan lebih dari 2,1 juta kWh energi bersih per tahun. Angka itu setara dengan mengurangi emisi karbon sebanyak 1,9 juta kilogram per tahun. Plus efek positif yang sebanding dengan menanam lebih dari 24 ribu pohon.

Corporate GM Engineering TSM Cibubur Hendrik Silalahi menjelaskan, pemasangan panel surya memang menjadi sebuah kebutuhan. Menurut dia, penggunaan energi terbarukan dilakukan TSM tanpa meninggalkan pasokan energi dari PLN.

"Ini soal pemasangan panel positif, selain menurunkan efek pemanasan global, menjaga lingkungan, lalu menghemat daya dan biaya, memajukan ekonomi juga," kata Hendrik saat konferensi pers di TSM Cibubur, Kota Depok, Jawa Barat, Senin (4/11/2023).

CEO TSM Group Linda Tampi menambahkan, penerapan PLTS kedua melanjutkan momentum dalam usaha pemanfaatan energi terbarukan yang ramah lingkungan. Hal itu menambah deretan sejumlah langkah pelestarian lingkungan yang telah dilakukan TSM Group sejauh ini, seperti penggunaan lampu hemat energi, pendingin ruangan berbasis water cooling, pemanfaatan dan pengelolaan sampah mandiri, hingga pengelolaan ruang terbuka hijau.

"Kami bangga telah memberikan kontribusi nyata dalam pemanfaatan energi terbarukan dan menjadi bagian dalam civitas peduli lingkungan," kata Linda. "Ini bukti bahwa environmental sustainability dan business dapat berjalan beriringan menuju masa depan yang lebih baik untuk kita semua," ujar Linda melanjutkan.

Kemitraan strategis TSM Group dan Xurya dipastikan tidak berhenti di dua proyek ini. Dalam waktu dekat PLTS Xurya akan terpasang di beberapa lokasi TSM Group, seperti Makassar, Surabaya, dan kota lainnya. Target total daya yang dihasilkan adalah  lebih dari 7,5 juta kWh per tahun atau setara dengan penekanan emisi karbon lebih dari 6,6 juta kilogram per tahunnya.

Managing Director Xurya Eka Himawan menyambut baik kerja sama pemasangan panel surya dengan TSM Group. Dia berharap, ke depannya semakin banyak mal atau pusat perbelanjaan yang memanfaatkan energi terbarukan untuk mendukung kampanye lingkungan.

Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement