Rabu 06 Dec 2023 21:00 WIB

Erdogan: Netanyahu Manfaatkan Serangan ke Gaza untuk Perpanjang Karier Politik

Netanyahu membahayakan masa depan kawasan demi karier politiknya

Rep: Rizky Jaramaya/ Red: Esthi Maharani
Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan mengatakan, Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu menggunakan kampanye militer di Gaza melawan Hamas untuk memperpanjang kehidupan politiknya.
Foto: AP Photo/Francisco Seco
Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan mengatakan, Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu menggunakan kampanye militer di Gaza melawan Hamas untuk memperpanjang kehidupan politiknya.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan mengatakan, Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu menggunakan kampanye militer di Gaza melawan Hamas untuk memperpanjang kehidupan politiknya. Erdogan mengecam kejahatan perang dan kejahatan terhadap kemanusiaan Israel di Gaza.

“Netanyahu membahayakan masa depan dan keamanan kawasan untuk memperpanjang kehidupan politiknya," ujar Erdogan, dilaporkan Anadolu Agency, Rabu (6/12/2023).

Baca Juga

Erdogan mengatakan, kejahatan perang Israel dan kejahatan terhadap kemanusiaan di Gaza tidak boleh dibiarkan begitu saja. Erdogan menegaskan, prioritas Turki adalah memastikan gencatan senjata permanen diterapkan di Gaza dan bantuan kemanusiaan disalurkan tanpa gangguan apa pun.

Sebelumnya Erdogan optimistis Netanyahu pada akhirnya akan diadili sebagai penjahat perang atas serangan Israel yang sedang berlangsung di Jalur Gaza. Erdogan sekaligus mengecam negara-negara Barat yang mendukung Israel.

Dalam pidatonya di pertemuan komite Organisasi Kerja Sama Islam (OKI) di Istanbul, Erdogan menyatakan, negara-negara Barat yang memberikan dukungan tanpa syarat kepada Israel untuk membunuh bayi dan anak-anak di Gaza, dapat terlibat dalam kejahatan perang. Erdogan mengatakan, nasib Netanyahu akan serupa seperti Presiden Yugoslavia Slobodan Milosevic yang diadili karena tuduhan genosida, kejahatan terhadap kemanusiaan, dan kejahatan perang di Pengadilan Kriminal Internasional (ICC) di Den Haag.

“Selain menjadi penjahat perang, Netanyahu, yang saat ini menjadi penjagal Gaza, akan diadili sebagai penjagal Gaza, sama seperti Milosevic yang diadili,” kata Erdogan.

“Mereka yang mencoba mengabaikan kematian orang-orang tak berdosa dengan menggunakan alasan Hamas, tidak punya apa-apa lagi untuk dikatakan kepada umat manusia,” ujar Erdogan mengacu pada kekuatan Barat, yang menurutnya “buta dan tuli”.

Turki tidak memandang Hamas sebagai kelompok teroris. Turki justru menjadi tuan rumah bagi beberapa anggota Hamas. Erdogan mengatakan,sekelompok negara Muslim, yang dibentuk oleh OKI dan Liga Arab bulan lalu untuk mengadakan pembicaraan mengenai Gaza dengan negara-negara Barat dan lainnya. Mereka akan melanjutkan diskusi sampai pertempuran di Gaza berhenti.

“Kita harus benar-benar mengevaluasi Dewan Hak Asasi Manusia PBB dan Pengadilan Kriminal Internasional (ICC) dalam kerangka ini,” kata Erdogan, seraya menambahkan bahwa persenjataan nuklir Israel tidak boleh dilupakan.

Upaya lenyapkan Hamas dan desakan untuk mundur....

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement