Kamis 07 Dec 2023 10:52 WIB

Ajang Balap Mobil Supercar Pertama Bakal Digelar di Mandalika, Gratis!

Tiket berbayar tetap tersedia dengan harga mulai Rp 300 ribu.

Rep: Muhammad Nursyamsi/ Red: Lida Puspaningtyas
Foto udara tikungan 16 Pertamina Mandalika International Street Circuit yang telah selesai dicat di Kuta Mandalika, Praya, Lombok Tengah, NTB, Selasa (3/10/2023). Ajang balapan MotoGP 2023 seri 15 di sirkuit Mandalika dengan nama resmi Pertamina Grand Prix of Indonesia akan berlangsung pada 13-15 Oktober 2023.
Foto: Antara/Ahmad Subaidi
Foto udara tikungan 16 Pertamina Mandalika International Street Circuit yang telah selesai dicat di Kuta Mandalika, Praya, Lombok Tengah, NTB, Selasa (3/10/2023). Ajang balapan MotoGP 2023 seri 15 di sirkuit Mandalika dengan nama resmi Pertamina Grand Prix of Indonesia akan berlangsung pada 13-15 Oktober 2023.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sirkuit Mandalika akan menjadi tuan rumah bagi ajang balap roda empat Porsche Sprint Challenge Indonesia 2023 pada 8-10 Desember mendatang. PT Aviasi Pariwisata Indonesia (Persero) atau InJourney mendukung event Porsche Sprint Challenge Indonesia 2023, yang digelar oleh Superstars Motorsport  bekerja sama dengan PT Pengembangan Pariwisata Indonesia atau Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC), PT Mandalika Grand Prix Association Nusantara Jaya (MGPA), dan Ikatan Motor Indonesia (IMI).

Direktur Pemasaran dan Program Pariwisata InJourney, Maya Watono, mengatakan Sirkuit Mandalika memiliki kualitas lintasan yang terbaik setelah dilakukan perbaikan dan pelapisan pada aspalnya hingga tiga kali. Kualitas Sirkuit Mandalika telah teruji oleh gelaran WSBK dan MotoGP dari 2021 hingga 2023.

Baca Juga

"Kami memakai konsultan dari Italia. Sirkuit ini sudah tiga kali kami lapis. Jadi aspal di lintasan ini adalah terbaik di dunia. Dorna kemarin bilang ini sirkuit tercantik di dunia dengan aspal terbaik," ujar Maya dalam keterangan tertulis di Jakarta, Rabu (6/12/2023).

 

Maya menambahkan Porsche Sprint Challenge Indonesia adalah suatu bentuk aktivasi dan apresiasi kepada penggemar motorsport atau motorsport enthusiast di Indonesia. Ia ingin agar motorsport enthusiast dari seluruh Indonesia berbondong-bondong hadir di Sirkuit Mandalika untuk menyaksikan dan meramaikan event ini.

Dengan bertambahnya event internasional di Sirkuit Mandalika, maka nama Mandalika akan semakin terangkat sebagai kawasan yang difokuskan untuk sport and entertainment tourism. Maya meyakini ajang balap mobil yang pertama kali digelar di Sirkuit Mandalika ini dapat menjadi starting point untuk balapan roda empat lainnya.

"Dengan demikian, wisatawan akan semakin tertarik untuk berkunjung ke Mandalika," ucap Maya.

Direktur Operasi ITDC, Troy Reza Warokka meyakini semakin banyaknya aktivasi di Sirkuit Mandalika akan memperkuat posisi Mandalika sebagai destinasi sport and entertainment tourism.

"Kami yakin ini akan memperkuat posisi kami destinasi sport and entertainment tourism di Indonesia dan juga memberikan dampak positif untuk ekonomi. Bukan hanya untuk Indonesia, tetapi juga untuk masyarakat lokal di sekitar Mandalika," ujar Troy.

Troy menyampaikan pengunjung dapat menonton balap Porsche Sprint Challenge Indonesia secara gratis dan dapat menikmati balapan di Grandstand A. Sedangkan tiket berbayar tetap tersedia dengan harga mulai Rp 300 ribu dimana pemegang tiket ini memiliki akses ke paddock selama tiga hari.

Kendaraan yang akan digunakan dalam Porsche Sprint Challenge Indonesia 2023 adalah mobil Porsche 911 GT3 Cup. Porsche Sprint Challenge Indonesia akan digelar sebanyak tiga kali, yaitu pada 8-10 Desember 2023, 12-14 Januari dan 26-28 Januari 2024. Balapan akan terdiri atas Sprint Race selama 30 menit dan Endurance Race dengan durasi 45 menit. Sebanyak 10 mobil Porsche 911 GT3 Cup telah disiapkan di Sirkuit Mandalika dan siap beradu cepat untuk putaran perdana Porsche Sprint Challenge Indonesia.

Tak hanya ajang balap, Posche Sprint Challenge juga dimeriahkan rangkaian side event yang tak kalah seru. Band nasional Radja dan beberapa artis lokal akan tampil di Pesta Mandalika Seru pada 9 Desember 2023.

"Diharapkan kegiatan ini akan memberikan daya tarik dan meningkatkan kunjungan wisatawan ke Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika," kata Troy.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement