Jumat 08 Dec 2023 23:26 WIB

Melly Goeslaw Duet dengan Nike Ardilla Pakai Teknologi Deep Fake, Seperti Apa Prosesnya?

Melly Goeslaw menggunakan teknologi AI bernama Deep Fake.

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Qommarria Rostanti
Melly Goeslaw dan Nike Ardilla berkolaborasi lewat lagu baru berjudu; Bertemu Kembali. Lagu ini dihasilkan melalui teknologi AI bernama Deep Fake.
Foto: Dok. Musica Studio
Melly Goeslaw dan Nike Ardilla berkolaborasi lewat lagu baru berjudu; Bertemu Kembali. Lagu ini dihasilkan melalui teknologi AI bernama Deep Fake.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Melly Goeslaw memanfaatkan kecanggihan kecerdasan buatan (AI) untuk bisa berduet dengan almarhumah Nike Ardilla. Melly dan Nike merilis lagu berjudul “Bertemu Kembali” yang menceritakan tentang kondisi perpisahan yang diyakini hanya sementara dan tidak bersifat abadi.

Sosok Nike Ardilla yang melegenda seolah "dihidupkan" dengan memanfaatkan kecanggihan teknologi AI bernama Deep Fake. Teknologi ini merupakan terobosan di industri musik yang menggunakan kecerdasan buatan, untuk membuat audio visual terlihat sangat nyata.

Baca Juga

“Bersyukur banget karena semua sudah diatur oleh Allah SWT, dengan hadirnya teknologi yang canggih sekarang, akhirnya kolaborasi ini bisa terjadi,” ungkap Melly dalam konferensi pers di Jakarta, Jumat (8/12/2023).

Lagu “Bertemu Kembali” sebenarnya merupakan cerita di antara mereka dahulu jika suatu saat mereka hendak menikah, mereka akan menggelar resepsi berbarengan. “Tapi setelah saya akhirnya bertemu dengan jodoh saya, Nike malah pergi duluan dan angan-angan kami di masa lalu tidak pernah menjadi kenyataan,” kata Melly.