Kamis 14 Dec 2023 21:35 WIB

LPPM UNJ Raih Penghargaan Perolehan HKI Tertinggi pada Anugerah Diktiristek 2023

Anugerah Diktiristek 2023 kategori HKI baru pertama diraih LPPM UNJ.

Rep: Ronggo Astungkoro/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Negeri Jakarta (LPPM UNJ) meraih penghargaan dalam Anugeran Diktiristek 2023. Mereka meraih penghargaan dalam kategori Hak Kekayaan Intelektual (HKI) Sub Kategori Institusi Klaster Mandiri dengan skor perolehan HKI tertinggi periode 2020-2022.
Foto: Ronggo Astungkoro/Republika
Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Negeri Jakarta (LPPM UNJ) meraih penghargaan dalam Anugeran Diktiristek 2023. Mereka meraih penghargaan dalam kategori Hak Kekayaan Intelektual (HKI) Sub Kategori Institusi Klaster Mandiri dengan skor perolehan HKI tertinggi periode 2020-2022.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Negeri Jakarta (LPPM UNJ) meraih penghargaan dalam Anugeran Diktiristek 2023. Mereka meraih penghargaan dalam kategori Hak Kekayaan Intelektual (HKI) Sub Kategori Institusi Klaster Mandiri dengan skor perolehan HKI tertinggi periode 2020-2022.

“Ini merupakan penghargaan pertama kali yang diraih LPPM UNJ dalam Anugerah Diktiristek 2023 pada Kategori HKI,” Rektor UNJ Komarudin lewat keterangannya, Kamis (14/12/2023).

Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Ditjen Diktiristek Kemendikbudristek) menggelar Anugerah Diktiristek 2023 pada 13 Desember 2023 di Hotel Sheraton Grand, Jakarta.

Sumbangan penghargaan itu menambah daftar prestasi dan reputasi bagi LPPM UNJ. Terhitung sudah ada empat penghargaan yang diraih oleh LPPM UNJ dalam bidang HKI. Adapun penghargaan HKI yang pernah diraih oleh LPPM UNJ, yaitu peringkat pertama Permohonan Pencatatan Hak Cipta Tertinggi Tahun 2019 Kategori Badan Penelitian dari Kementerian Hukum dan HAM.

Kedua, peringkat pertama permohonan Pencatatan Hak Cipta Tertinggi Pada Masa Pandemi (2020) Kategori Badan Penelitian dari Kementerian Hukum dan HAM. Ketiga, jumlah pencatatan ciptaan top 10 tertinggi di Indonesia tahun 2022 lategori Perguruan Tinggi dari Kementerian Hukum dan HAM. Lalu yang keempat adalah yang baru saja didapatkan.

Komarudin menerangkan, posisi LPPM UNJ sangat strategis dalam meningkatkan bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat UNJ. Apalagi saat ini UNJ akan menuju PTN-BH dan akselerasi menuju World Class University (WCU), maka sangat strategis produktivitas pada bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, khususnya yang bernilai guna bagi masyarakat, DUDI, dan negara.

“Ke depan perlu dikembangkan riset kolaborasi internasional dalam rangka membangun reputasi internasional menuju World Class University. Untuk itu, segenap pimpinan UNJ akan selalu meningkatkan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat dengan berbagai luarannya, dari luaran produk, publikasi jurnal, publikasi media, dan HKI,” kata Komarudin.

Sementara itu Ketua LPPM UNJ Iwan Sugihartono mengatakan, pihaknya bersyukur atas capaian berupa penghargaan dalam kategori perolehan HKI tertinggi periode tahun 2020-2022. Menurut dia, semua itu berkat dukungan pimpinan dan kerja keras seluruh sivitas akademika UNJ. 

“Harapannya ke depan kuantitas dan kualitas HKI yang diajukan akan semakin meningkat serta memberikan banyak kontribusi positif untuk masyarakat,” ungkap Iwan.

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
اَلْحَجُّ اَشْهُرٌ مَّعْلُوْمٰتٌ ۚ فَمَنْ فَرَضَ فِيْهِنَّ الْحَجَّ فَلَا رَفَثَ وَلَا فُسُوْقَ وَلَا جِدَالَ فِى الْحَجِّ ۗ وَمَا تَفْعَلُوْا مِنْ خَيْرٍ يَّعْلَمْهُ اللّٰهُ ۗ وَتَزَوَّدُوْا فَاِنَّ خَيْرَ الزَّادِ التَّقْوٰىۖ وَاتَّقُوْنِ يٰٓاُولِى الْاَلْبَابِ
(Musim) haji itu (pada) bulan-bulan yang telah dimaklumi. Barangsiapa mengerjakan (ibadah) haji dalam (bulan-bulan) itu, maka janganlah dia berkata jorok (rafats), berbuat maksiat dan bertengkar dalam (melakukan ibadah) haji. Segala yang baik yang kamu kerjakan, Allah mengetahuinya. Bawalah bekal, karena sesungguhnya sebaik-baik bekal adalah takwa. Dan bertakwalah kepada-Ku wahai orang-orang yang mempunyai akal sehat!

(QS. Al-Baqarah ayat 197)

Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement