Sabtu 16 Dec 2023 21:47 WIB

Kwarnas Lepas Kontingen SIT untuk Perkhemahan Internasional

Dasar sebuah perkemahan yakni menambah wawasan tentang kebudayaan

Red: A.Syalaby Ichsan
Pelepasan Kontingen SIT ke Perkhemahan Internasional
Foto: Dok JSIT
Pelepasan Kontingen SIT ke Perkhemahan Internasional

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kwartir Nasional melepas secara resmi Kontingen Indonesia Sako Pramuka Sekolah Islam Terpadu untuk Perkhemahan Internasional (Print) V yang akan berlangsung di Malaysia di Gedung Dewantoro, Taman Rekreasi Wiladatika, Cibubur, 16 Desember 2023. Acara yang dihadiri oleh 541 peserta secara online dan offline itu dihadiri oleh Sekretaris Jendral Kwartir Nasional Mayjen TNI (Purn) Dr. Bachtiar dan pengurus Kwartir Nasional.

Dalam acara tersebut, Bachtiar memberi nasihat kepada Kontingen agar kembali mengingat tujuan dasar dari sebuah perkemahan, yaitu untuk menambah wawasan tentang kebudayaan dan sarana menambah serta memperkuat tali silaturahmi antar peserta kemah. Dia menjelaskan, hal tersebut sejalan dengan slogan, "Pramuka adalah saudara bagi Pramuka yang lain” ujar dia dalam keterangan tertulis kepada Republika, Sabtu (16/12/2023).

Dia juga menyebutkan, agar kontigen dapat menjaga etika dan tata krama pergaulan dengan sesama saat berkemah, serta berupaya memainkan peran sebagai duta Indonesia dalam memperkenalkan keindahan negeri serta objek-objek wisatanya.

“Kepada kakak-kakak Bindamping Kontingen untuk selalu menjaga adik-adik mulai dari pemberangkatan, saat perkemahan dan kembali ke Indonesia, kontingen pun juga harus patuh dan mengikuti arahan dari kakak-kakak bindamping Kontingen, jika ada masalah segera selesaikan dengan baik,”tegas dia.

Bachtiar pun berterimakasih  kepada siapapun yang telah mensukseskan acara ini, serta ucapan selamat kepada seluruh anggota Kontingen, kemudian beliau tutup nasihat dengan melepaskan secara resmi Kontigen Indonesia untuk Perkhemahan Internasional (Print) V, Malaysia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement