Sabtu 23 Dec 2023 14:40 WIB

Pascadebat Cawapres, Gibran Menang Telak di Media Digital

Prabowo-Gibran merajai perbincangan positif di pemberitaan online.

Red: Nora Azizah
Cawapres Gibran Rakabuming Raka.
Foto: Dok. Istimewa
Cawapres Gibran Rakabuming Raka.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Momen debat resmi Gibran sebagai cawapres menjadi sangat menarik dan diperbincangkan oleh berbagai pemberitaan online maupun di media sosial seperti Facebook, Instagram, X/Twitter hingga Tiktok.

Melalui pantauan platform social listening & data monitoring NoLimit pada 22 Desember pukul 23.18 WIB, nama Gibran Rakabuming Raka memperoleh mention dengan sentimen positif tertinggi yakni sebesar 66,5 persen atau setara dengan total 79.696 sebutan. 

Baca Juga

Hal ini tentu meninggalkan jauh mention positif kandidat lainnya, misalnya saja Mahfud MD yang total mentionnya terkecil mendapatkan sentimen positif sebesar 60,2 persen dengan 29.892 sebutan, diikuti oleh Muhaimin yang berada di posisi buncit dengan total sebutan bersentimen positif sebesar 46,1 persen dengan kuantitas 44.940 sebutan. 

Dalam posisi ini dari data real-time No Limit, walau Muhaimin memiliki kuantitas sebutan positif lebih banyak dari Mahfud, namun jika digabung dengan total mention negatif dan netral, cawapres nomor urut 1 tersebut mendominasi mention dengan sentimen negatif.