Kamis 28 Dec 2023 11:59 WIB

Tujuh Hewan Asal Indonesia yang Terancam Punah, Wajib Dilestarikan

Sejumlah hewan dimasukkan ke dalam kategori terancam punah dan harus dilestarikan.

Rep: Shelbi Asrianti / Red: Friska Yolandha
Orangutan kalimantan. IUCN memasukkan Orangutan pada kategori terancam punah.
Foto:

4. Lutung pita Sumatra Timur

Lutung pita Sumatra Timur (Presbytis percura) hanya ditemukan di sejumlah hutan dataran rendah yang terisolasi. Spesies ini sangat terancam punah di alam liar karena hilangnya hutan dalam skala besar di Provinsi Riau serta kebakaran hutan. Sejak 1984, populasinya berkurang lebih dari 80 persen. 

5. Celepuk Siau

Populasi burung hantu atau celepuk Siau (Otus siaoensis) ini diprediksi berjumlah kecil dan sangat terancam punah. Burung endemik diPulau Siau, Kepulauan Sangihe, Sulawesi Utara ini belum tercatat lagi sejak pengumpulan spesimen pada 1866. Namun, ada laporan video lokal yang menunjukkan spesies yang tersisa.

6. Ikan gitar Indonesia

Ikan gitar Indonesia (Rhinobatos penggali) merupakan spesies endemik di pantai selatan Jawa, Bali, dan Lombok. IUCN menetapkan status konservasinya terancam pumah, mengingat spesies ini mengalami penurunan populasi sebesar 50-79 persen selama 30 tahun terakhir akibat eksploitasi manusia.

7. Hiu bidadari Indonesia

 

Hiu bidadari Indonesia (Squatina legnota) bisa ditemukan di perairan Jawa Barat hingga Pulau Flores. Hiu ini sangat terancam punah, dengan penurun populasi lebih dari 80 persen dalam 47 tahun terakhir. Selain hiu bidadari dan keenam satwa tadi, masih banyak fauna lain yang terancam punah sehingga kesadaran mengenai pelestariannya harus terus digaungkan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement