Senin 08 Jan 2024 10:09 WIB

Ingin Keuangan Lebih Baik pada 2024? Simak Lima Tips Ini

Terapkan aturan 50-30-20 untuk mengelola keuangan lebih baik.

Red: Friska Yolandha
Budgeting (ilustrasi). Mengelola keuangan penting untuk keuangan lebih baik pada 2024.
Foto: Freepik
Budgeting (ilustrasi). Mengelola keuangan penting untuk keuangan lebih baik pada 2024.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tahun baru selalu menjadi awal yang tepat untuk memulai kembali pengaturan keuangan. Kondisi keuangan yang lebih sehat akan lebih menguntungkan seseorang dalam menghadapi ketidakpastian.

Sea Bank memberikan sejumlah tips untuk mengatur keuangan agar lebih sehat ke depan demi mewujudkan tujuan keuangan.

Baca Juga

1. Pentingnya perencanaan

If you fail to plan, you are planning to fail alias jika kita gagal membuat rencana, sesungguhnya kita telah merencanakan kegagalan itu sendiri. Kutipan tersebut diucapkan salah satu founding fathers Amerika Serikat (AS), Benjamin Franklin. 

Bila dicermati, kutipan itu memberikan suatu pesan akan pentingnya sebuah perencanaan untuk memulai awal tahun 2024 ini. Rencana keuangan tidak hanya penting bagi perusahaan besar atau organisasi, melainkan juga krusial bagi setiap individu. 

Perencanaan keuangan yang baik membantu kita mengelola pendapatan, menghindari utang berlebihan, dan mencapai tujuan finansial jangka panjang. Oleh karena itu, agar dapat membidik masa depan yang sukses dengan perencanaan keuangan yang matang, SeaBank memberikan beberapa tips yang bisa mulai diterapkan.

2. Tinjau target keuangan

Target merupakan hal yang krusial dalam perencanaan keuangan, karena rencana hanyalah sia-sia apabila tidak disertai target yang jelas. Mulailah merumuskan target keuangan dengan memperhatikan beberapa hal.

Yang pertama, setiap target keuangan haruslah spesifik dan jelas. Misalnya kamu menetapkan target untuk membeli rumah pertama dalam lima tahun ke depan, atau merencanakan modal untuk pernikahan dalam tiga tahun ke depan. Uraikan target-target tersebut dengan rinci. Semakin merinci target yang kamu buat, maka langkah-langkahnya akan lebih terarah dalam mencapainya.

Kedua, tentukan kapan target tersebut harus terealisasi. Tentukan dengan jelas kapan kamu ingin mencapai setiap target keuangan. Apakah dalam waktu satu tahun, lima tahun, atau mungkin sepuluh tahun ke depan. Menetapkan batas waktu membantu menciptakan rasa urgensi dan memberikan landasan waktu yang realistis.

Ketiga, perkirakan biaya....

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement