Jumat 12 Jan 2024 17:53 WIB

Sebanyak 487 Mahasiswa se-Indonesia Ikuti Kuliah Pertukaran Mahasiswa di UPI

Mahasiswa yang ikut program di UPI naik jumlahnya dari Tahun sebelumnya 92 mahasiswa

Red: Arie Lukihardianti
Wakil Rektor Bidang Pendidikan dan Kemahasiswaan Prof Dr Didi Sukyadi MA
Foto: Arie Lukihardianti
Wakil Rektor Bidang Pendidikan dan Kemahasiswaan Prof Dr Didi Sukyadi MA

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG---Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) menjadi salah satu Perguruan Tinggi yang banyak diminati oleh para mahasiswa yang berasal dari berbagai perguruan tinggi negeri maupun swasta dalam program pertukaran mahasiswa merdeka (PMM). Yakni, skema inbound gelombang 3 Tahun 2023.

Wakil Rektor Bidang Pendidikan dan Kemahasiswaan Prof Dr Didi Sukyadi MA mengatakan, PMM ini merupakan salah satu kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) Kemendikbudristek yang diikuti perguruan tinggi se-Indonesia. Bentuk programnya, mobilitas mahasiswa selama satu semester untuk mendapatkan pengalaman belajar di perguruan tinggi di Indonesia sekaligus memperkuat persatuan dalam keberagaman melalui kegiatan modul nusantara.  

Baca Juga

Menurutnya, tercatat sebanyak 487 mahasiswa yang aktif dan telah menyelesaikan perkuliahan dan mengikuti kegiatan modul nusantara di UPI selama 1 semester. Yakni, tersebar di 8 Fakultas dan 56 Program Studi berbeda. Jumlah mahasiswa peserta PMM dengan skema inbound di UPI.

"Angka ini, meningkat jumlahnya dari Tahun sebelumnya sebanyak 92 mahasiswa," ujar Prof Didi kepada wartawan, Jumat (12/1/2024).

Jumlah pendaftar PMM Gelombang 3 di UPI, kata dia, sebanyak 2.213 peserta yang berasal dari 176 perguruan tinggi. Lolos seleksi sebanyak 500 peserta dari 77 perguruan tinggi. Peserta yang melakukan konfirmasi, sebanyak 493 dari 76 perguruan tinggi.

Para mahasiswa peserta PMM gelombang 3 di UPI, kata dia, terbanyak mengikuti perkuliahan di Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) sebanyak 80 mahasiswa dari 169 mahasiswa yang mengikuti perkuliahan di Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP).

Selain itu tercatat 103 mahasiswa mengikuti perkuliahan di Fakultas Pendidikan Bahasa dan Sastra (FPBS), 88 mahasiswa mengikuti perkuliahan di Fakultas Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FPMIPA), 41 mahasiswa di Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (FPIPS), 36 mahasiswa di Fakultas Pendidikan Ekonomi dan Bisnis (FPEB).

Selain itu, kata dia, ada 21 mahasiswa di Fakultas Pendidikan Teknologi dan Kejuruan (FPTK), 15 mahasiswa di Fakultas Pendidikan Seni dan Desain (FPSD), 14 mahasiswa di Fakultas Pendidikan Olahraga dan Kesehatan (FPOK).

Rektor UPI, Prof Dr H M Solehuddin, MA mengatakan, selama masa perkuliahan, mahasiswa tidak hanya terbatas kuliah dikampus asal saja, akan tetapi bisa mengakses mengikuti perkuliahan perguruan tinggi lain melalui program PMM ini. Menurutnya, bahwa setelah menyelesaikan PMM ini, diharapkan para mahasiswa mendapatkan banyak pengalaman belajar yang nantinya berdampak pada peningkatan kompetensi lulusan dan memiliki kesiapan dalam memasuki dunia kerja dan kehidupan masyarakat.

 

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
وَلَمَّا رَجَعَ مُوْسٰٓى اِلٰى قَوْمِهٖ غَضْبَانَ اَسِفًاۙ قَالَ بِئْسَمَا خَلَفْتُمُوْنِيْ مِنْۢ بَعْدِيْۚ اَعَجِلْتُمْ اَمْرَ رَبِّكُمْۚ وَاَلْقَى الْاَلْوَاحَ وَاَخَذَ بِرَأْسِ اَخِيْهِ يَجُرُّهٗٓ اِلَيْهِ ۗقَالَ ابْنَ اُمَّ اِنَّ الْقَوْمَ اسْتَضْعَفُوْنِيْ وَكَادُوْا يَقْتُلُوْنَنِيْۖ فَلَا تُشْمِتْ بِيَ الْاَعْدَاۤءَ وَلَا تَجْعَلْنِيْ مَعَ الْقَوْمِ الظّٰلِمِيْنَ
Dan ketika Musa telah kembali kepada kaumnya, dengan marah dan sedih hati dia berkata, “Alangkah buruknya perbuatan yang kamu kerjakan selama kepergianku! Apakah kamu hendak mendahului janji Tuhanmu?” Musa pun melemparkan lauh-lauh (Taurat) itu dan memegang kepala saudaranya (Harun) sambil menarik ke arahnya. (Harun) berkata, “Wahai anak ibuku! Kaum ini telah menganggapku lemah dan hampir saja mereka membunuhku, sebab itu janganlah engkau menjadikan musuh-musuh menyoraki melihat kemalanganku, dan janganlah engkau jadikan aku sebagai orang-orang yang zalim.”

(QS. Al-A'raf ayat 150)

Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement