Kamis 18 Jan 2024 15:49 WIB

Mahasiswa Palestina di Unhan Saksikan Pelepasan Kapal RS Indonesia ke Mesir

Mahasiswa Palestina terharu dan senang saat Prabowo melepas Satgas Muhibah ke Mesir

Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Menteri Pertahanan RI (Menhan) Prabowo Subianto mengungkapkan akan mengirim bantuan lagi untuk Palestina melalui pesawat serta kapal TNI yang akan dipersiapkan.
Foto: dok Kemenhan
Menteri Pertahanan RI (Menhan) Prabowo Subianto mengungkapkan akan mengirim bantuan lagi untuk Palestina melalui pesawat serta kapal TNI yang akan dipersiapkan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Para mahasiswa Palestina penerima beasiswa pendidikan di Universitas Pertahanan (Unhan) RI, ikut menyaksikan pelepasan kapal rumah sakit TNI KRI dr Radjiman Wedyodiningrat-992 yang berangkat untuk mengirimkan bantuan kemanusiaan ke Palestina, Kamis (18/1). 

Mereka mengenakan seragam universitas berwarna putih-hijau, nampak terharu dan senang saat Prabowo melepas keberangkatan Satgas Muhibah/Port Visit ke Mesir, sebagai wujud kepedulian pemerintah Indonesia terhadap rakyat sipil korban konflik Gaza.

Baca Juga

Dalam sambutannya, Prabowo mengatakan bahwa ini menjadi bukti Indonesia terus mendukung rakyat Palestina dalam perjuangannya membela diri, dan meraih kemerdekaan. "Indonesia selalu dukung perjuangan rakyat Palestina dan kita terus kerahkan apa yang bisa kita buat untuk dukung perjuangan rakyat Palestina," ucap Prabowo di Dermaga Mako Kolinlamil, Tanjung Priok, Jakarta.

Bantuan tersebut terdiri dari popok sekali pakai (532 karung); pakaian anak-anak (600 karung); pakaian dewasa (700 karung dan 500 boks); susu (800 kardus); biskuit (650 dus); air mineral galon (1.254 galon); air mineral kardus (1.700 kardus); obat-obatan (460 kardus); selimut (450 karung);  jaket (450 karung); dan mie instan (470 kardus). Seluruhnya akan diberangkatkan menuju pelabuhan Al Arish di Mesir untuk disalurkan ke korban konflik Gaza oleh otoritas yang berwenang, seperti Egypt Red Crescent (Bulan Sabit Merah Mesir). 

Pelayaran menempuh rute Jakarta menuju Belawan hingga ke Al Arish. Kemudian akan kembali dengan melintasi Jeddah, lalu ke Batam dan kembali lagi ke Jakarta. Total waktu dari pelayaran ini hingga kembali ke tanah air ditargetkan akan mencapai waktu sekitar 52 hari perjalanan.

Saat ini terdapat 22 mahasiswa Unhan dari Palestina. Mereka diserahterimakan secara langsung oleh Duta Besar Palestina yang mulia Dr. Zuhair S.M Al-Shun kepada Prabowo November 2023 lalu.

Program beasiswa dari Kemhan RI ini merupakan inisiatif dari Prabowo yang menindaklanjuti pembicaraan dengan Dubes Palestina pada tahun 2022.

Upaya Prabowo memfasilitasi program beasiswa S1 Unhan RI bagi pemuda dan pemudi Palestina merupakan salah satu bentuk kepedulian dan kerja sama antara Indonesia dengan Palestina. Adapun program studi yang mereka ambil di antaranya  kedokteran militer, farmasi militer, teknik sipil, teknik tenaga listrik, teknik mesin dan rekayasa keamanan informasi selama lima tahun kedepan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement