Jumat 09 Feb 2024 09:33 WIB

Kampanye Akbar Prabowo dan Anies Dempet, TKN Minta Pendukung Bersikap Dewasa

Presiden RI ke-6 SBY dan sejumlah menteri kabinet Jokowi ikut kampanye akbar di GBK.

Rep: Febryan A/ Red: Erik Purnama Putra
Sekretaris TKN Prabowo-Gibran, Nusron Wahid saat diwawancarai wartawan di Media Center TKN, Jakarta Selatan, Kamis (18/1/2024).
Foto: Republiika/Febryan A
Sekretaris TKN Prabowo-Gibran, Nusron Wahid saat diwawancarai wartawan di Media Center TKN, Jakarta Selatan, Kamis (18/1/2024).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kampanye akbar Prabowo-Gibran dan Anies-Muhaimin akan digelar di Jakarta pada hari yang sama, yakni Sabtu (10/2/2024). Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran menyebut, sudah ada upaya upaya preventif dan promotif untuk mencegah terjadinya bentrokan antarpendukung kedua pasangan capres-cawapres tersebut.

Sekretaris TKN Prabowo-Gibram, Nusron Wahid mengatakan, upaya preventif adalah membedakan jam mulai acara, sebagaimana diputuskan aparat keamanan. Kampanye akbar Anies-Muhaimin di Jakarta International Stadium (JIS) pukul 07.00 WIB hingga 12.00 WIB.

Baca Juga

Adapun kampanye akbar Prabowo-Gibran di Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK) dimulai pukul 14.00 WIB hingga 18.00 WIB. Selain itu, kata Nusron, sudah disepakati pula lokasi parkit pendukung Anies-Muhaimin di Kemayoran. Pendukung Prabowo-Gibran tidak boleh memarkirkan kendaraan di sana.

Hal itu bertujuan agar pendukung kedua kubu, yang diperkirakan hadir ada ratusan ribu orang, tak saling bertemu. Nusron menambahkan, selain pengaturan waktu dan lokasi sedemikian rupa, pihaknya juga menyampaikan imbauan kepada pendukung Prabowo-Gibran agar menghormati pendukung Anies-Muhaimin.

Imbauan disampaikan karena tetap ada potensi pendukung kedua kubu bertemu di jalanan. Politikus Partai Golkar itu juga mengajak pendukung Prabowo-Gibran bisa bersikap proporsional jika bertemu pendukung lawan.

"Kalau bertemu di tengah jalan kita tidak bisa mencegah, tidak bisa mengantisipasi, hanya yang kita bisa adalah imbauan moral tolong kita berdewasa. Berbeda ekspresi itu biasa kalau ada kawan-kawan saudara-saudara kita yang kebetulan pilihannya berbeda," kata saat konferensi pers di Media Center TKN, Jakarta Pusat, Kamis (8/2/2024).

"Kita hormati teman-teman di sana yang pulang (dari acara kampanye akbar Anies-Imin). Kalau perlu kita sama-sama punya makanan saling tukar-tukar makanan, ya bagus gitu kan," ujar Nusron menambahkan.

Berdasarkan keterangan pers TKN, kampanye akbar Prabowo-Gibran bertajuk 'Pesta Rakyat Untuk Indonesia Maju' diperkirakan akan dihadiri setengah juta orang. Hampir semua tokoh pendukung pasangan capres-cawapres nomor urut 2 itu juga bakal hadir. Di antaranya Presiden RI ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dan sejumlah menteri kabinet Jokowi.

Acara akan dimeriahkan oleh 46 musisi dan selebritas nasional. Beberapa di antaranya adalah band Dewa 19 dan NTRL, penyanyi Wika Salim, Raffi Ahmad, Kiki Saputri, dan Desta Mahendra.

TKN memastikan, meski acara dihadiri ratusan ribu orang, kebersihan lingkungan akan tetap dijaga. Seusai acara, Gibran Rakabuming Raka akan memimpin para artis dan relawan membersihkan sampah kawasan Stadion Utama GBK.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement