Rabu 14 Feb 2024 22:45 WIB

Stray Kids, ITZY, dan NMIXX Kena Boikot Setelah Kolaborasi dengan Coca-Cola

Penggemar menggemakan JYPE_Boycott_Genocide di media sosial X.

Rep: Santi Sopia/ Red: Reiny Dwinanda
Grup K-pop Stray Kids dikecam penggemar karena berkolaborasi dengan Coca-Cola, perusahaan yang diboikot karena terafiliasi Israel.
Foto: Dok.JTBC
Grup K-pop Stray Kids dikecam penggemar karena berkolaborasi dengan Coca-Cola, perusahaan yang diboikot karena terafiliasi Israel.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Penggemar idol K-Pop kembali menyuarakan keresahan terhadap kolaborasi idola mereka dengan jenama yang dianggap mendukung Israel. Belum lama ini, muncul pengumuman bahwa Stray Kids, ITZY, dan NMIXX akan berpartisipasi dalam kolaborasi dengan Coca-Cola untuk rilisan tematik.

Lagu "Like Magic" menjadi bagian dari proyek dengan merek produk minuman tersebut. Meskipun banyak fan yang ingin menunjukkan dukungan terhadap grup favorit K-Pop mereka, namun kerja sama tersebut dianggap terkait dengan genosida terhadap rakyat Palestina.

Baca Juga

Dikutip dari Koreaboo, Rabu (14/2/2024), kolaborasi grup idola K-pop dengan Coca-Cola membuat para penggemar menyuarakan keinginan mereka untuk memboikot perilisan tersebut. Coca-Cola termasuk dalam daftar merek yang diboikot karena dikaitkan dengan masalah genosida di Palestina.

Merek-merek dalam daftar boikot diduga menunjukkan dukungan terhadap Israel, dan mendukung kejahatan di Palestina. Akun X @nmixxpics menunjukan daftar brand yang diboikot karena kaitannya dengan Israel.

Menurut Aljazirah, Coca-Cola diklaim melanggar hukum internasional dengan beroperasi di Atarot, sebuah pemukiman ilegal Israel. Produsen minuman bersoda itu telah lama terjebak dalam konflik di Timur Tengah. 

Dari tahun 1967 hingga 1991, Coke secara resmi diboikot oleh Liga Arab karena membangun pabrik pembotolan di Israel. Belum lama ini, perusahaan tersebut memang tidak melakukan hal yang terlalu memicu atensi, namun afiliasinya di masa lalu dengan Israel serta reputasinya sebagai perusahaan Amerika, dianggap menjadi rekam jejak perusahaan.

Menyusul berita ini, para penggemar membuat "JYPE_Boycott_Genocide" menjadi trending di Twitter. Penggemar menyatakan akan memboikot kolaborasi apa pun yang melibatkan merek tersebut.

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
قَالَ يٰقَوْمِ اَرَءَيْتُمْ اِنْ كُنْتُ عَلٰى بَيِّنَةٍ مِّنْ رَّبِّيْ وَرَزَقَنِيْ مِنْهُ رِزْقًا حَسَنًا وَّمَآ اُرِيْدُ اَنْ اُخَالِفَكُمْ اِلٰى مَآ اَنْهٰىكُمْ عَنْهُ ۗاِنْ اُرِيْدُ اِلَّا الْاِصْلَاحَ مَا اسْتَطَعْتُۗ وَمَا تَوْفِيْقِيْٓ اِلَّا بِاللّٰهِ ۗعَلَيْهِ تَوَكَّلْتُ وَاِلَيْهِ اُنِيْبُ
Dia (Syuaib) berkata, “Wahai kaumku! Terangkan padaku jika aku mempunyai bukti yang nyata dari Tuhanku dan aku dianugerahi-Nya rezeki yang baik (pantaskah aku menyalahi perintah-Nya)? Aku tidak bermaksud menyalahi kamu terhadap apa yang aku larang darinya. Aku hanya bermaksud (mendatangkan) perbaikan selama aku masih sanggup. Dan petunjuk yang aku ikuti hanya dari Allah. Kepada-Nya aku bertawakal dan kepada-Nya (pula) aku kembali.

(QS. Hud ayat 88)

Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement