Jumat 16 Feb 2024 11:13 WIB

Quick Count LSI Denny JA Sudah Final: Prabowo-Gibran Raih 58,47 Persen

Tingkat pengenalan dan kesukaan total pemilih kepada Prabowo-Gibran menjadi kunci.

Red: Erik Purnama Putra
Pendiri Lingkaran Survei Indonesia (LSI), Denny JA, memaparkan hasil quick count Pilpres 2024.
Foto: istimewa/doc humas
Pendiri Lingkaran Survei Indonesia (LSI), Denny JA, memaparkan hasil quick count Pilpres 2024.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Proses hitung cepat (quick count) LSI Denny JA pasangan calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka unggul satu putaran pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 di angka 58,47 persen. Sementara Anies-Muhaimin 24,98 persen, dan Ganjar-Mahfud 16,55 persen.

Denny Januar Ali, pendiri LS Denny JA menyampaikan alasan Prabowo-Gibran bisa menang satu putaran saja tanpa harus melakukan satu kecurangan yang masif, sistematik, dan terstruktur. Menurut dia, faktor tingkat pengenalan dan kesukaan total pemilih kepada Prabowo-Gibran menjadi kunci.

Pada survei terakhir LSI Denny JA pada Februari 2024, Prabowo-Gibran dikenal dan disukai masyarakat mencapai puncaknya. Dua tokoh tersebut mencapai status variabel elektabilitas kelas premium.

"Variabel elektabilitas itu terminologi untuk kondisi pembentuk elektabilitas. Yaitu tingkat pengenalan dan tingkat kesukaan. Yang  mengenal Prabowo dan Gibran sudah di atas 90 persen populasi Indonesia. Dan yang menyukai Prabowo dan menyukai Gibran juga di atas 80 persen," kata Denny dalam keterangan tertulis di Jakarta, Jumat (16/2/2024).