Senin 26 Feb 2024 13:26 WIB

Project Crystal Lenovo, Laptop Pertama di Dunia dengan Layar MicroLED Transparan

Laptop layar transparan saat ini masih dalam eksplorasi oleh divisi Thinkpad.

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Friska Yolandha
Project Crystal Lenovo, laptop pertama dengan layar transparan.
Foto: Lenovo Storyhub
Project Crystal Lenovo, laptop pertama dengan layar transparan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Jarang sekali ditemukan perangkat yang terlihat seperti berasal dari lokasi syuting film. Namun Project Crystal dari Lenovo, yang konon merupakan laptop pertama di dunia dengan layar microLED transparan, adalah contoh fiksi ilmiah yang menjadi kenyataan. 

Saat ini belum ada rencana untuk mengubah Project Crystal menjadi produk ritel. Sebaliknya, perangkat konsep terbaru Lenovo ini diserahkan pada divisi ThinkPad untuk mengeksplorasi potensi panel microLED transparan dan integrasi AI.

Baca Juga

Kasus penggunaan yang paling jelas adalah berbagi informasi di suatu tempat, seperti kantor dokter atau meja hotel. Alih-alih membalik layar, pengguna cukup membalikkan tampilan melalui perangkat lunak, sehingga siapa pun di sisi lain dapat melihatnya sambil mendapatkan penjelasan mendalam.

Jika digabungkan dengan kamera yang terpasang di bagian belakang sistem, Lenovo mengatakan kemungkinan ada aplikasi AR. Salah satu contohnya adalah penggunaan kamera untuk mengidentifikasi suatu objek, mirip dengan Google Lens.