Sabtu 02 Mar 2024 16:25 WIB

Meninggal Bulan Lalu, Politisi Oposisi Rusia Alexi Navalny Akhirnya Dimakamkan di Moskow

Navalny meninggal pada bulan lalu di penjara.

Red: Reiny Dwinanda
Tokoh oposisi Rusia, Alexi Navalny. Pada Jumat (1/3/2024), Navalny dimakamkan.
Foto: AP Photo/Alexander Zemlianichenko, File
Tokoh oposisi Rusia, Alexi Navalny. Pada Jumat (1/3/2024), Navalny dimakamkan.

REPUBLIKA.CO.ID, MOSKOW -- Tokoh oposisi Rusia Alexei Navalny dimakamkan di pemakaman Borisovsky di Moskow, Jumat (1/3/2024). Navalny meninggal bulan lalu di pengasingan.

Orang tua Navalny, Anatoly dan Lyudmila, serta kerabat dan pendukung lainnya, mengantarkan jenazah Navalny ke pemakaman. Ratusan orang yang berkumpul untuk memberikan penghormatan terakhir kepada Navalny membentuk antrean panjang menuju pemakaman, bertepuk tangan dan meneriakkan namanya.

Baca Juga

Pada 16 Februari, Dinas Pemasyarakatan Federal di Kawasan Otonom Yamalo-Nenets di utara Rusia mengumumkan kematian Navalny. Dinas Permasyarakatan mengatakan bahwa pria berusia 47 tahun itu tiba-tiba merasa tidak enak badan setelah berjalan-jalan di penjara tempat dia menjalani hukuman.

Navalny segera dibawa ke rumah sakit, namun dokter tidak dapat menyelamatkan nyawanya, menurut Dinas Permasyarakatan. Penyebab resmi kematian Navalnya masih belum diumumkan.

Pada Agustus 2020, Navalni pernah diracun menggunakan agen saraf Novichok. Setelah menjalani perawatan intensif dan melewati masa koma di sebuah rumah sakit di Berlin, nyawa Navalny bisa diselamatkan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement