Jumat 08 Mar 2024 10:24 WIB

Limelight, Satu-satunya Oscar Charlie Chaplin yang Diperoleh 20 Tahun Setelah Dirilis

Tidak ada yang bisa menebak mengapa Oscar akhirnya diberikan pada Chaplin.

Rep: Santi Sopia/ Red: Friska Yolandha
Poster Film Limelight
Foto: Limelight
Poster Film Limelight

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Charlie Chaplin adalah salah satu ikon dunia asal London di era film bisu pada tahun 1900-an. Chaplin yang meninggal pada 1977, hanya memenangkan satu Oscar kompetitif sepanjang kariernya. 

Dia adalah seorang perfeksionis terkenal yang sangat bangga dengan karyanya. Kemungkinan ia menganggap karyanya layak mendapat lebih banyak pujian. 

Baca Juga

Adalah film Limelight, sebuah otobiografi dalam karirnya yang mendapatkan satu-satunya penghargaan Oscar untuk Chaplin. Penghargaan ini diberikan setelah 20 tahun film tersebut dirilis.

Sebuah kisah cinta lembut yang menjembatani kesenjangan antara kebenaran dan ilusi, masa muda dan usia, mimpi dan kenyataan, Limelight berbicara dekat dengan pria yang coba disembunyikan Chaplin dengan kedok Tramp. 

"Menghadapi masa transisi menuju usia tua dan diasingkan dari Amerika, Chaplin merenungi dirinya sendiri untuk kembali ke tempat asalnya dan menunjukkan kepada penonton sekilas gambaran palsu tentang Charles yang sebenarnya," demikian dikutip laman Collider, Jumat (8/2/2024).

Sinopsis Limelight

Calvero (Charlie Chaplin) adalah badut yang dianggap sudah tidak populer. Sadar bahwa dirinya dinilai tidak lucu lagi, Calvero putus asa dan diam-diam menderita karena kehilangan tujuan. 

Ketika dia mencium bau gas yang berasal dari unit apartemen terdekat di gedungnya, dia menerobos masuk dan menyelamatkan seorang wanita bernama Terry (Claire Bloom) dari upaya bunuh diri. 

Ternyata Terry adalah seorang balerina dengan depresi berat dan masalah psikosomatis yang mengakibatkan kelumpuhan sementara. Calvero menawarkan untuk merawatnya. Keduanya membentuk ikatan intim di mana kecenderungan depresinya bertabrakan dengan optimisme putus asa tentang apa yang bisa dihasilkan kehidupan, yang mengarah pada semacam cinta di antara mereka.

Apa Tujuan Musik di Limelight

Untuk sebuah film yang memenangkan Oscar karena skornya, secara mengejutkan ternyata karya tersebut tidak sesempurna yang dibayangkan. Sebagian besar film tidak menggunakan musik apa pun, di luar lagu-lagu yang dibawakan Calvero di atas panggung. 

Musik di sini biasanya digunakan sebagai penanda yang berani, menggarisbawahi momen di mana Calvero dan/atau Terry terguncang dari kebodohan mereka. Calvero mendengar Terry mendiskusikan betapa terpukulnya dia tentang perasaan romantisnya. Terry menampilkan balet dengan musik melankolis setelah Calvero meninggalkannya tanpa penjelasan. Skor tersebut berupaya mencerminkan emosi yang tidak dapat diakses sepenuhnya oleh karakter karena kehidupan mereka yang terhambat peluang dan ekspektasi yang hancur.

Tarian yang berkembang antara....

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement