Kamis 14 Mar 2024 17:06 WIB

Korut Luncurkan Tank Tempur Baru, Kim Jong-Un Bangga

Kim Joung-un menyebutnya sebagai tank paling kuat di dunia.

Red: Ani Nursalikah
Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un memandu uji coba penembakan rudal darat-ke-laut Padasuri-6, Rabu (14/2/2024).
Foto: KCNA
Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un memandu uji coba penembakan rudal darat-ke-laut Padasuri-6, Rabu (14/2/2024).

REPUBLIKA.CO.ID, SEOUL -- Korea Utara (Korut) meluncurkan tank tempur baru selama latihan militer, menurut laporan media pemerintah setempat Kamis (14/3/2024). Peluncuran itu dilakukan di tengah latihan militer gabungan yang sedang berlangsung antara Korea Selatan dan Amerika Serikat.

Pemimpin Korut Kim Jong-un mengemudikan tank barunya sendiri selama latih tanding antarunit tank pada Rabu. Ia bermaksud meninjau kemampuan tempur sebenarnya pasukan tank, menurut Kantor Berita Pusat Korea (KCNA).

Baca Juga

Kim Joung-un menyebutnya sebagai tank paling kuat di dunia. Ia puas atas kekuatan serangan dan kemampuan manuvernya,

“Dia menyatakan kepuasan yang besar atas fakta tank tempur utama tipe baru berhasil menunjukkan kekuatan serangan dan kemampuan manuver yang sangat baik, menunjukkan kinerja militan yang luar biasa untuk pertama kalinya dalam pertandingan tankmen,” demikian laporan KCNA.

Kim menetapkan tugas-tugas penting dalam menyelesaikan persiapan perang, sambil menekankan perlunya menyelenggarakan latihan intensif yang menyimulasikan perang sebenarnya, serta latih tanding.

Inspeksi Kim dilakukan ketika Seoul dan Washington mengadakan latihan tahunan Freedom Shield untuk memperkuat pencegahan terhadap ancaman nuklir dan rudal Korea Utara. Latihan 11 hari ini akan berakhir pada hari ini.

Pyongyang telah lama mengecam latihan militer gabungan antara Seoul dan Washington sebagai latihan invasi dan menggunakannya sebagai dalih untuk melakukan provokasi. Sekutu mengatakan latihan militer mereka bersifat defensif.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement