Ahad 17 Mar 2024 17:14 WIB

Rapper Amerika yang Memeluk Islam, Terbaru Ada Lil Jon yang Putuskan Mualaf

Selain Lil Jon, ada juga rapper Amerika lain yang beragama Islam.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Qommarria Rostanti
Rapper Ice Cube. Ada beberapa rapper dan produser musik Amerika yang beragama Islam.
Foto: Dok. EPA-EFE/ETIENNE LAURENT
Rapper Ice Cube. Ada beberapa rapper dan produser musik Amerika yang beragama Islam.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Rapper Amerika Lil Jon memutuskan menjadi mualaf. Dia mengucapkan syahadat di Masjid King Fahad di Culver City, California, AS, pada Jumat (15/3/2024).

Selain Lil Jon, ada juga rapper dan produser musik Amerika lainnya yang menganut agama Islam, yang mungkin kurang diketahui penggemar. Dilansir laman Revolt, Ahad (17/3/2024), berikut ini beberapa rapper yang memeluk agama Islam:

Baca Juga

1. Ice Cube 

photo
Rapper Ice Cube. - (EPA)

 

Ice Cube terkenal karena penghargaannya sebagai rapper di N.W.A. Dalam lagu klasiknya “It Was a Good Day”, dia melakukan lirik rap: “Dan ibu memasakkan ku sarapan tanpa babi”. 

Itu mengacu pada aturan makanan halal dalam Islam yang melarang umat makan daging babi. Selain menjadi bintang hip hop, penduduk asli Los Angeles ini juga tampil di layar lebar dalam film-film ikonik seperti Friday dan Barbershop

2. Jay Electronica 

photo
Jay Electronica. - (Youtube Jay Electronica)

 

Rapper dan produser Roc Nation Jay Electronica adalah anggota terdaftar Nation of Islam (NOI). NOI merupakan organisasi keagamaan dan politik yang didirikan oleh Wallace Fard Muhammad. Dia juga memiliki kolaborasi musik dengan artis seperti Chance the Rapper, Kanye West, dan Big Sean. 

3. Freeway

photo
Rapper Freeway. - (Dok. Youtube Philly Freeway)

 

Freeway adalah bagian dari grup rap State Property yang berbasis di Philadelphia. Grup ini termasuk dalam daftar label rekaman perintis Roc-A-Fella Records pada awal 2000-an. Penulis lirik “Take It to the Top” ini beralih ke agama Islam ketika lembaga grupnya tidak stabil. 

4. Beanie Sigel 

photo
Rapper Beanie Sigel. - (Dok. Instagram/@beaniesigelsp)

 

Beanie Sigel dikenal sebagai pemimpin State Property. Pada 2004, Sigel dipenjara dan mengutuk beberapa temannya karena tidak mengunjunginya saat menjalani hukuman. Hal ini menyebabkan kekacauan terkait afiliasinya dengan grup tersebut. Pria berusia 50 tahun itu juga membintangi film State Property yang menampilkan Memphis Bleek, Damon Dash, dan JAY-Z. 

5. Lupe Fiasco

photo
Rapper Lupe Fiasco. - (Dok. EPA/STEVE C. MITCHELL)

 

Lupe Fiasco telah muncul di berbagai platform media dan menjelaskan bagaimana Islam memainkan peran utama dalam hidupnya. Pelantun “Kick, Push” ini memutuskan gantung mikrofon setelah menghadapi reaksi balik dan tuduhan ujaran kebencian. Meski mengundurkan diri dari dunia hip hop pada 2016, Lupe Fiasco tetap memberikan kontribusi besar pada sejarah hip hop. 

 

Nomor 6...lanjutkan membaca>> 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement