Kamis 21 Mar 2024 10:46 WIB

Disparbud Jabar Susun Langkah Strategis Buat Pantai Karang Papak Jadi Wisata Premium

Rencananya, akan ada pengembangan di kawasan Pantai Karang Papak

Red: Arie Lukihardianti
Pantai di Garut (Ilustrasi)
Foto: ANTARA FOTO/RAISAN AL FARISI
Pantai di Garut (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG---Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat (Jabar) memproyeksikan Pantai Karang Papak, Garut, sebagai destinasi wisata kelas premium. Rencana tersebut dibahas dalam rapat koordinasi bersama pengelola objek wisata di Jabar Selatan hingga para kepala desa.

Menurut Kadisparbud Jabar Benny Bachtiar, Jabar memiliki potensi besar untuk membangun wisata kelas premium. Salah satu potensi berada di wilayah Garut selatan, tepatnya Pantai Karang Papak. Rencananya, akan ada pengembangan di kawasan tersebut agar ke depannya terjadi pergerakan wisatawan dan pertumbuhan ekonomi masyarakat.

Baca Juga

“Kami mencoba membuat pilot project di Pantai Karang Papak yang notabene jauh lebih mudah untuk kita tata. Pantai Karang Papak jauh lebih murni dan belum tersentuh. Belum terlalu banyak wisatawan yang hadir ke sana sehingga masalah pengelolaan sampah dan lainnya akan cepat diselesaikan,” ujar Benny, Kamis (21/3/2024).

Menurutnya, ke depan pihaknya akan menyusun langkah strategis. Salah satunya membangun kesadaran masyarakat yang tinggal di sekitar destinasi wisata agar lebih aktif memanfaatkan potensi di wilayahnya.

“Poin utama yang paling penting adalah bagaimana kita memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang pentingnya menjaga destinasi pariwisata tersebut,” katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Garut Luna Aviantrini menilai kesadaran masyarakat menjadi bagian penting dalam sebuah pembangunan. Selain itu, pihaknya siap bersinergi terkait pengembangan Pantai Karang Papak.

“Masyarakatnya yang perlu kita raih dan kita beri pemahaman. Di semua yang memiliki titik potensi itu alangkah baiknya apabila masyarakat setempat memiliki rasa sadar wisata, dan memiliki kebanggaan bahwa daerahnya ini memiliki potensi,” katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement